Arti Kedutan di Telapak Tangan Lengkap

Mungkin kedutan menurut sebagian orang merupakan tersumbatnya peredaran darah atau hanya sekedar respon dari otot tubuh dan seringnya kita mengabaikan pertanda tersebut dan menganggapnya adalah hal yang biasa saja. Mungkin bagi sebagian orang, itu merupakan hal yang wajar, tetapi ada sebagian orang yang mempercayai kalau kedutan memiliki arti dan membawa firasat tertentu yang diberikan alam untuk hal yang akan terjadi di masa depan. Firasat yang dimaksud, bisa firasat baik atau pun firasat buruk.



Sedangkan menurut dunia kesehatan, kedutan sebenarnya salah satu sinyal yang diberikan oleh tubuh melalui otot. Tak jauh berbeda dengan kram, kedutan merupakan hasil aliran listrik syaraf tak normal pada otot. Bedanya, jika pada kram terjadi gelombang listrik yang terlalu besar, sedangkan kedutan terjadi aliran listrik secara paksa, atau tanpa disadari dan terjadi terus-menerus. Kontraksi ini diteruskan melalui syaraf pada target otot di luar kontrol.



Pembahasan mengenai arti kedutan oleh leluhur nusantara telah dilakukan penelitian dan dilakukan pencatatan. Catatan-catatan yang memuat pengetahuan penting itu lalu di kumpulkan menjadi sebuah buku primbon yang menjadi sumber rujukan orang-orang dari Suku Jawa sejak zaman dahulu. Primbon digunakan sebagai pedoman atau arahan dalam rangka mencapai keselamatan dan kesejahteraan lahir-batin. Memberikan pertanda-pertanda agar kita dapat lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan.


Primbon atau paririmbon sendiri berasal dari kata dalam Bahasa Jawa. Primbon secara harfiah berasal dari kata "rimbu" yang berarti simpanan dari bermacam-macam catatan oleh orang jawa di jaman dahulu yang kemudian diturunkan atau disebarluaskan kepada generasi berikutnya.


Arti Kedutan di Telapak Tangan Kanan dan Kiri


Jika kedutan pada telapak tangan kiri dalam primbon disebut sebagai pertanda datangnya rezeki, maka sebaliknya, kedutan telapak tangan kanan juga dianggap sebagai pertanda bahwa dalam waktu dekat Anda yang mengalaminya akan kehilangan rezeki.


I. Arti Kedutan di Telapak Tangan Sebelah Kanan


1. Mengeluarkan uang untuk keperluan tak terduga


Dari banyak tafsir yang ada dalam memandang arti kedutan telapak tangan kanan, tafsir inilah yang paling sering terjadi. Jika beberapa hari terakhir ini Anda mengalami kedutan di bagian ini, maka Anda diyakini akan membayar sesuatu hal bisa berupa tagihan, pembayaran untuk membeli barang yang dibutuhkan, atau apapun yang membuat Anda harus mengeluarkan sejumlah uang.


Percaya tidak percaya, tafsir inipun sudah berulang kali saya alami pembuktiannya. Oleh karena itu, persiapkan kondisi keuangan Anda untuk menghadapi kebutuhan mendadak dan tidak diduga-dugayang mungkin akan datang beberapa hari ke depan.


2. Kehilangan barang atau sesuatu yang berharga


Selain dapat ditafsirkan sebagai pertanda pengeluaran sejumlah uang, arti kedutan telapak tangan kanan menurut primbon juga dapat dianggap sebagai pertanda Anda akan kehilangan sesuatu yang berharga dalam waktu dekat. Sesuatu yang hilang itu bisa berupa uang, perhiasan, atau berkas-berkas penting.


Meski jarang diketahui, bahkan oleh masyarakat Jawa sendiri, tafsir ramalan ini nyatanya juga pernah saya buktikan. Sekira 10 bulan lalu, telapak tangan kanan saya kedutan, dan tak berselang sampai satu minggu, dompet beserta uang tunai dan kartu-kartu penting saya hilang saat dalam perjalanan menuju tempat kerja.


Dari pengalaman itu, saya menjadi semakin berhati-hati bila mengalami kedutan di telapak tangan kanan. Dan dari pengalaman saya pula, sebaiknya Anda juga ikut waspada bila beberapa hari terakhir ini mengalami kedutan yang sama.


3. Melewatkan suatu peluang


Dalam primbon, tidak dijelaskan secara rinci seperti apa yang dimaksud melewatkan peluang ini. Hanya saja, menurut kami ini terkait dengan hilangnya kesempatan Anda dalam memperoleh rezeki yang seharusnya menjadi milik Anda. Wallohu'alam.


4. Terbongkarnya aib


Dan tafsir yang terakhir terkait arti kedutan telapak tangan kanan menurut primbon adalah terbongkarnya aib diri dan keluarga Anda di muka umum. Tafsir ini memang terdengar cukup mengerikan, tapi yang jelas saya sendiri belum pernah membuktikan kebenarannya.


Dari berbagai ramalan tentang arti kedutan telapak tangan kanan yang dijelaskan primbon Jawa di atas, saya menggarisbawahi bahwa tafsir nomor 1-lah yang paling sering terjadi, yaitu ramalan tentang pengeluaran untuk masalah keuangan Anda.


Orang tua zaman dulu mengatakan bahwa penangkal terjadinya ramalan ini adalah dengan meludahi tangan yang kedutan kemudian membasuhnya sebanyak 3 kali. Tapi entahlah, penangkal itu berulang kali saya lakukan, tapi kenyataannya hal yang diramalkan masih saja tetap terjadi.


II. Arti Kedutan di Telapak Tangan Sebelah Kiri


Banyak orang yang memahami bahwa kedutan di tangan kiri hanyalah sekedar pertanda bahwa seseorang yang mengalaminya akan memperoleh rezeki berlimpah dalam waktu dekat. Pemahaman ini tentu tidak salah, hanya saja ia tidak lengkap menjawab apa yang disampaikan primbon terkait hal ini.


Arti Kedutan Telapak Tangan Kiri Menurut primbon, kedutan telapak tangan kiri secara umum merupakan pertanda baik. Ada 4 pertanda yang disebutkan dalam kitab tersebut. Selengkapnya tentang pertanda-pertanda itu kami telah menuliskannya berikut ini.


1. Pertanda akan mendapat uang


Yang pertama primbon menjelaskan bahwa kedutan telapak tangan kiri merupakan pertanda akan datangnya rejeki. Sudah banyak orang yang mengaku bahwa mereka mengalami dan membuktikan ramalan ini. Saya sendiri pun sering merasakannya. Uang datang dari jalan yang tidak diduga-duga, setiap telapak tangan kiri berkedut.


Jika semua yang saya alami merupakan kebetulan, tentu ada kalanya ramalan tersebut tidak terbukti. Tapi, seingat saya tak pernah sekalipun hal yang berbeda terjadi setelah kedutan ini terjadi.


2. Pertanda akan menemukan barang yang hilang


Selain sebagai pertanda akan menerima uang, kedutan telapak tangan kiri juga disebut dapat menjadi alamat bahwa dalam waktu dekat Anda akan menemukan suatu barang yang selama ini hilang.


Barang tersebut sudah lama dicari dan sangat berharga, oleh karenanya ketika ditemukan kembali, Anda akan sangat senang hati. Wallohualam. Percaya atau tidak, saya beberapa kali juga pernah membuktikan ramalan ini bukanlah hanya omong kosong semata.


3. Pertanda akan mendapatkan suatu peluang


Saya terus terang belum memahami maksud dari arti kedutan telapak tangan kiri yang satu ini. Tapi yang jelas, dalam primbon Jawa yang saya miliki memang tertulis ramalan ini. Semoga saja peluang yang dimaksud primbon adalah peluang untuk memperoleh kebaikan.


4. Pertanda akan dipuji


Dan ramalan yang terakhir tentang arti kedutan telapak tangan kiri adalah seseorang yang mengalaminya akan memperoleh pujian atau sanjungan dari seorang pembesar.


Demikian 4 arti kedutan telapak tangan menurut primbon yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Percaya atau tidak, yang jelas ramalan-ramalan yang ditulis di atas saya rangkum dari kitab primbon Jawa warisan leluhur saya. Oleh karenanya, tentu sumbernya cukup jelas dan bisa menjadi pegangan bagi Anda yang masih percaya dengan petuah leluhur.


Namun, dari keempat ramalan yang ada, saya menggarisbawahi ramalan yang pertama. Selain karena saya sendiri sering membuktikannya, ramalan tersebut juga ditulis dalam primbon dengan huruf yang lebih besar dibandingkan ramalan-ramalan yang lain.


Mungkin tafsir tersebut menurut Anda tidak memiliki hubungan dengan kedutan yang Anda alami tapi patut dipahami bahwa nenek moyang kita memberikan kesimpulan arti dari kedutan berdasarkan pengalaman dan kejadian yang berulang-ulang yang akhirnya menyimpulkan dalam bentuk tafsir atau primbon. kendati begitu, semua tergantung dengan keyakinan masing-masing.


Semoga Bermanfaat....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Kedutan di Telapak Tangan Lengkap"