Arti Kedutan di Jari Jempol Lengkap

Mungkin kedutan menurut sebagian orang merupakan tersumbatnya peredaran darah atau hanya sekedar respon dari otot tubuh dan seringnya kita mengabaikan pertanda tersebut dan menganggapnya adalah hal yang biasa saja. Mungkin bagi sebagian orang, itu merupakan hal yang wajar, tetapi ada sebagian orang yang mempercayai kalau kedutan memiliki arti dan membawa firasat tertentu yang diberikan alam untuk hal yang akan terjadi di masa depan. Firasat yang dimaksud, bisa firasat baik atau pun firasat buruk.



Sedangkan menurut dunia kesehatan, kedutan sebenarnya salah satu sinyal yang diberikan oleh tubuh melalui otot. Tak jauh berbeda dengan kram, kedutan merupakan hasil aliran listrik syaraf tak normal pada otot. Bedanya, jika pada kram terjadi gelombang listrik yang terlalu besar, sedangkan kedutan terjadi aliran listrik secara paksa, atau tanpa disadari dan terjadi terus-menerus. Kontraksi ini diteruskan melalui syaraf pada target otot di luar kontrol.



Pembahasan mengenai arti kedutan oleh leluhur nusantara telah dilakukan penelitian dan dilakukan pencatatan. Catatan-catatan yang memuat pengetahuan penting itu lalu di kumpulkan menjadi sebuah buku primbon yang menjadi sumber rujukan orang-orang dari Suku Jawa sejak zaman dahulu. Primbon digunakan sebagai pedoman atau arahan dalam rangka mencapai keselamatan dan kesejahteraan lahir-batin. Memberikan pertanda-pertanda agar kita dapat lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan.


Primbon atau paririmbon sendiri berasal dari kata dalam Bahasa Jawa. Primbon secara harfiah berasal dari kata "rimbu" yang berarti simpanan dari bermacam-macam catatan oleh orang jawa di jaman dahulu yang kemudian diturunkan atau disebarluaskan kepada generasi berikutnya.


Berikut Arti Kedutan di Jempol Kanan dan Jempol Kiri Jari Tangan :


Ibu jari adalah jari pertama yang memiliki bentuk yang berbeda dari jari-jari tangan lainnya, dikatakan ibu jari (jempol) karena biasanya bagian tubuh yang satu ini lebih besar ukurannya dibanding jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan jari kelingking. Konon orang yang mengalami kedutan di jempol tangan atau pun jempol kiri adalah pertanda yang sangat baik.


1. Kedutan pada ibu jari (jempol) tangan kanan


Menurut primbon jawa apabila mendapatkan kedutan pada ibu jari tangan kanan merupakan pertanda baik. Kedutan pada ibu jari kanan memiliki dua pertanda, satu apabila sudah dewasa dan belum menikah, maka itu pertanda akan segera mendapatkan jodoh yang baik dan kedua akan dihormati dan menerima uang.


2. Kedutan pada ibu jari (jempol) tangan kiri


Hampir sama dengan kedutan di jempol tangan kanan, bila seseorang mengalami syaraf di jempol tangan sebelah kiri berkedut-kedut (bergerak) sendiri tanpa sebab yang jelas, juga mempunyai makna yang sangat baik. Makan pertama, Konon orang yang mengalaminya juga sudah dekat jodohnya. Namun tidak dijelaskan apakah jodoh yang baik atau tidak dan kedua akan menjadi kepala pengurus suatu organisasi.


Mungkin tafsir tersebut menurut Anda tidak memiliki hubungan dengan kedutan yang Anda alami tapi patut dipahami bahwa nenek moyang kita memberikan kesimpulan arti dari kedutan berdasarkan pengalaman dan kejadian yang berulang-ulang yang akhirnya menyimpulkan dalam bentuk tafsir atau primbon. kendati begitu, semua tergantung dengan keyakinan masing-masing.


Semoga Bermanfaat....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Kedutan di Jari Jempol Lengkap"