Ramuan Tradisional Temulawak untuk Mengobati Penyakit Maag dan Liver

Ramuan Tradisional Temulawak untuk Mengobati Penyakit Maag dan Liver - Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat ditemui pula di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. 

Nama daerah di Jawa yaitu temulawak, di Sunda disebut koneng gede, sedangkan di Madura disebut temu labak. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dan berhabitat di hutan tropis. Rimpang temu lawak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur.
Mengobati Maag dan Liver dengan Temulawak

Penyakit mag memiliki gejala, seperti mual, mules, perih, dan kembung. Penyakit ini dapat diatasi dengan makan secara teratur. Jika masih terasa sakit bisa diatasi dengan obat tradisional. Obat tradisional tersebut ialah kunyit atau temulawak. Tanaman ini bisa juga untuk mengobati menceret, liver, sembelit, kurang nafsu makan, radang lambung, penyegar badan, pelancar air susu ibu, eksem, radang ginjal, kencing darah, dan obat kejang. 

Cara penggunaannya adalah dengan mengambil rimpang temulawak, dibersihkan, lalu diparut. Setelah itu, diseduh dengan air panas, lalu diperas dan disaring. Bisa juga dicampur dengan gula aren.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ramuan Tradisional Temulawak untuk Mengobati Penyakit Maag dan Liver"