Mengobati Batuk, Demam, dan Sakit Kulit dengan Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back)

Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back) merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis. Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur.

Di dalam literatur Pemanfaatan Tanaman Obat yang dikeluarkan Departemen Kesehatan RI tahun 1981 edisi, diketahui bahwa bawang merah berkhasiat sebagai obat batuk, demam, dan sakit kulit. Dalam bawang merah terdapat kandungan kimia, yang diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tertentu. 
1. Bawang Merah untuk Obat Batuk pada Anak 

Pengobatan bawang merah sebagai obat batuk pada anak bisa dilakukan dengan mempersiapkan bahan-bahan, yaitu bawang merah satu buah, sepotong kecil kulit batang pulosari, satu genggam daun saga, adas tiga butir, gula batu, serta air secukupnya. 

Bahan-bahan tersebut ditumbuk dan ditambah air sehingga menjadi seperti bubur. Kemudian, dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus selama 15 menit. 

Campuran diperas dengan kain bersih ke dalam gelas. Ramuan ini diberikan pada anak yang sakit untuk diminum sebelum tidur agar diperoleh pengobatan yang optimal dan efektif. 

2. Bawang Merah untuk Obat Demam pada Anak 

Untuk membuat obat demam pada anak, langkah yang harus diambil ialah melumatkan bawang merah secukupnya sampai benar-banar halus. Kemudian, lumatan tersebut dilumurkan pada seluruh badan anak yang sakit sebelum tidur agar pengobatan tersebut efektif. 

3. Bawang Merah untuk Obat Sakit Kulit 

Bagi seseorang yang mempunyai penyakit kulit, seperti kaki rangen akibat jamur, bawang merah ini bisa dijadikan alternatif pengobatan. Caranya dengan menyiapkan bawang merah satu biji, kunyit sebesar ibu jari, dan belerang sebesar ibu jari. Kemudian, belerang dan bawang merah dihaluskan. Kunyit diparut, kemudian dicampurkan. Campuran ini digoreng dengan minyak kelapa. Pemakaiannya dioleskan pada bagian yang sakit setiap pagi dan sore.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengobati Batuk, Demam, dan Sakit Kulit dengan Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back)"