Arti Mimpi Adzan

Arti Mimpi Adzan
Arti Mimpi Adzan

Adzan dalam waktu bulan-bulan haji laksana haji, barangkali merupakan kekuasaan dan kebanggaan dalam agama. Apabila adzannya itu terdapat pada selain bulan haji maka itu merupakan kabar yang benar dan bagus yang tampak pada kebanyakan orang.

Barang siapa mimpi melihat menara masjid dalam keadaan rubuh. itu pertanda penduduk daerah itu sama berbeda pendapat dalam agama mereka. 

Barang siapa mimpi bahwa ia sedang adzan dan adzannya tidak sempurna sedang ia termasuk orang yang baik dan orang yang senang damai dan kejadian itu terjadi pada bulan-bulan haji maka ia akan berangkat haji dan ia tidak dapat menyempurnakannya. Dan apabila hal itu terjadi tidak pada bulan-bulan haji maka ia akan mencuri sesuatu dan tidak sampai tuntas (sempurna) dan sebab pencurinya itu ia jadi orang terkenal. 

Barang siapa mimpi bahwa ia membangun masjid maka ia akan menyusun kebaikan dan perkawinan bersama-sama dengan orang banyak. 

Barang siapa mimpi bahwa ia memanggil dengan perkataan yang ia sendiri tidak mengetahuinya maka itu pertanda seorang laki-laki yang sangat pandai mencuri. 

Barang siapa mimpi bahwa ia bersin dan disahuti dengan ucapan ”YARHA MUKALLAAH” maka itu pertanda berita gembira berupa haji dan umrah. 

Barang siapa mimpi bahwa ia mencukur kepalanya, jika temyata hal itu terjadi pada masa-masa haji maka in akan berhaji dan jika tidak terjadi pada masa haji, maka modalnya akan dirampok sebagaimana yang akan kami sebutkan pada tempatnya Insya Allah.

Barang siapa mimpi sedang berkhotbah di atas mimbar, maka apabila ia ahli pada bidang tersebut maka ia akan mendapatkan kekuasaan yang besar dan jika ia tidak ahli maka ia akan disalib. 

Hikayat 

Pada suatu ketika ada seorang laki-laki yang datang kepada tuanku Muhamad bin Sirin rahimahullaahu ta‘ala lantas ia berkata: "Saya bermimpi seolah-olah saya dipanggil“. Lalu Muhammad bin Sirin berkata kepadanya: “Kedua tanganmu bakal putus.“ Kemudian datanglah laki-laki lain dalam pertemuan itu. sedangkan orang yang bermimpi masih berada di situ. Latas pendatang baru ini berkata kepada Muhammad bin Sirin: ”Saya bermimpi seolah-olah saya dipanggil". Lantas Muhammad bin Sirin berkata kepadanya: “Engkau akan berhaji." Tidak lama orang-orang yang duduk bersama Muhammad bin Sirin bertanya: ”Apa perbedaan antara kedua orang tersebut? padahal keduanya sama dalam impian mereka." Kemudian Muhammad bin Sirin menjawab: “Saya melihat orang yang pertama tak henti-hentinya dalam keburukan. lantas saya ta’biri dengan firman Allah Ta‘ala:  

“Kemudian berteriaklah seseorang yang menyerukan: ”Hai kafilah, sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang mencuri. ” (Yusuf: 70) 

Dan saya melihat orang yang kedua selalu dalam kebaikan. lantas saya ta’biri dengan frman Allah Ta'ala: 

“Dan barserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji.” (Al Hajj: 27) 

Kemudian kenyataannya perkara tadi itu seperti apa yang telah dita’birkan oleh Muhammad bin Sirin rahimahullaahu. Dan adzan (panggilan) merupakan suatu pemberitahuan dan siaran. sedangkan membaca dalam mushaf merupakan ilmu dan hikmah yang diperoleh oleh seorang laki-laki, begitu pula bacaan Al Qur'an merupakan kalam yang haq (benar)

Disadur dari tulisan : Syekh Muhammad bin Sirrin. Apabila terdapat kekurangpasan dalam penerjemahan harap dimaklumi. Semoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Mimpi Adzan"