Para Ilmuwan Telah Menemukan Molekul yang Bisa Melawan Efek Penuaan

Para Ilmuwan Telah Menemukan Molekul yang Bisa Melawan Efek Penuaan

Muda Selamanya

Indole, sebuah molekul yang diproduksi oleh bakteri komensal, ditemukan untuk memperpanjang kesehatan pada tikus, cacing nematoda Caenorhabditis elegans, dan lalat buah. Indoles ternyata memiliki kemampuan untuk mencegah tanda-tanda penuaan yang umum seperti penurunan berat badan dan rentang gerakan yang berkurang.


Rentang kesehatan berkorelasi erat dengan umur, namun keduanya tidak persis sama - yang pertama mengacu pada lamanya waktu sebelum kondisi terkait usia ikut berperan. Penelitian yang dilakukan di Emory University School of Medicine ini bertujuan untuk mengetahui sedikit lebih banyak tentang bagaimana kesehatan dipengaruhi oleh usia.
Ketika para peneliti menghalangi produksi molekul indole, mereka menemukan bahwa subjek tidak lagi mendapat manfaat dari efek anti-penuaan yang sama. Indoles tidak ditemukan untuk memperpanjang umur makhluk tersebut, namun mereka membiarkan mereka bergerak dan makan tanpa adanya kerusakan pada tubuh yang sudah tua.

Dengan melihat proses yang terjadi di dalam tubuh hewan pada tingkat molekuler, kita mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang beberapa proses kehidupan yang paling mendasar. Kita tahu apa dampak penuaan dari melihat efeknya, namun memahami bagaimana molekul tertentu dapat melawannya dapat mengungkapkan apa yang terjadi di sebenarnya.

Manusia telah mencari cara untuk membalikkan proses penuaan sejak dahulu, dan teknologi modern menawarkan beberapa kemungkinan yang menjanjikan. Antara pembekuan kriogenik dan gagasan menggunakan Artificial Intellegence (AI) untuk menjadi abadi, ada banyak gagasan di luar sana - bahkan jika hal itu mungkin tidak layak secara finansial bagi sebagian besar orang.

Namun, jenis bakteri yang tepat, bisa menjadi metode yang mudah diakses untuk mencegah kerusakan akibat usia. Tim di balik proyek ini berharap memiliki relevansi dengan tubuh manusia, namun mencatat bahwa obat anti-penuaan berdasarkan penelitian ini masih panjang.

Sumber : PNAS.ORG

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Para Ilmuwan Telah Menemukan Molekul yang Bisa Melawan Efek Penuaan"