Mengobati Asam Urat dengan Ramuan Tradisional

Mengobati Asam Urat dengan Ramuan Tradisional - Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Penyebab penyakit asam urat


Beberapa jenis makanan mengandung zat purin yang diubah menjadi Asam Urat oleh tubuh. Sebenarnya, zat ini secara otomatis dikeluarkan oleh ginjal. Namun jika kadarnya berlebihan, ginjal tidak mampu lagi untuk mengeluarkan dari tubuh. Akibatnya, terbentuklah kristal yang mengendap di persendian tubuh. Efek yang paling jelas pada persendian adalah rasa nyeri, panas, kaku dan bengkak. Pada beberapa kasus, mereka yang terkena Asam Urat merasa kesulitan untuk berjalan. Hal ini disebabkan nyeri luar biasa pada persendian tubuh, pengapuran, dan tulang keropos.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Di Indonesia, orang sering salah kaprah menyamakan penyakit asam urat (gout/pirai) dengan rematik. Padahal rematik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. Penyakit asam urat (gout/pirai) hanya salah satu penyebab nyeri pada persendian. Mengenali gejala dan tanda pada gout dapat membantu seseorang membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lain.

Banyak orang mengira apabila kadar asam urat di dalam darah tinggi (hiperurisemia), maka akan terkena gout. Hal ini tidak benar, karena hanya sekitar 1/3 penderita hiperurisemia yang mengalami gout.

Diagnosis penyakit asam urat

Temuilah dokter jika Anda merasakan gejala-gejala penyakit asam urat. Dalam melakukan diagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan atau tes untuk memastikan adanya kristal-kristal natrium urat pada persendian. Hal ini perlu dilakukan karena ada jenis penyakit lain yang bisa menyebabkan gejala menyerupai penyakit asam urat. Pemeriksaan kadar asam urat dalam darah juga biasanya dilakukan.

Penanganan penyakit asam urat

Penanganan penyakit asam urat memiliki dua sasaran utama, yaitu meringankan gejalanya dan mencegah serangan terulang kembali.

Untuk meringankan gejala penyakit asam urat, Anda bisa menempelkan kantong es pada bagian sendi yang terasa sakit. Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit, misalnya colchicine, OAINS (obat anti-inflamasi nonsteroid), dan obat-obatan golongan steroid.

Sedangkan untuk mencegah kambuhnya serangan penyakit asam urat, Anda bisa mengonsumsi obat penurun kadar asam urat (misalnya allopurinol). Selain itu, Anda diharuskan untuk menjauhi makanan-makanan pemicu penyakit asam urat dan segera turunkan berat badan. Utamakan makanan rendah kalori untuk mendukung upaya mendapatkan berat badan ideal.

Kombinasi obat-obatan dari dokter serta perilaku hidup sehat umumnya terbukti ampuh dalam menurunkan kadar asam urat dan melarutkan kristal-kristal tajam yang telah terbentuk. Dengan kombinasi tersebut, maka diharapkan pasien penyakit asam urat tidak lagi mengalami kambuh.

Komplikasi penyakit asam urat

Meski penyakit asam urat jarang menimbulkan komplikasi, namun tetap patut kita waspadai. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi, di antaranya:
  • Munculnya benjolan keras (tofi) di sekitar area yang mengalami radang.
  • Kerusakan sendi permanen akibat radang yang terus berlangsung dan tofi di dalam sendi yang merusak tulang rawan dan tulang sendi itu sendiri. Kerusakan permanen ini biasanya terjadi pada kasus penyakit asam urat yang diabaikan selama bertahun-tahun.
  • Batu ginjal yang disebabkan oleh pengendapan asam urat yang bercampur dengan kalsium di dalam ginjal.

Gejala Penyakit Asam Urat

Sendi yang tiba-tiba terasa sangat sakit (terutama sendi jempol kaki) merupakan gejala penyakit asam urat yang umum terjadi. Sering kali penderita penyakit ini kesulitan untuk berjalan akibat rasa sakit yang sangat mengganggu. Meski dapat muncul kapan saja, namun umumnya gejala biasanya lebih terasa di malam hari.

Tidak hanya sendi jempol kaki saja, sendi-sendi lain yang terletak di ujung anggota badan juga rentan terkena serangan penyakit asam urat. Contohnya adalah sendi pergelangan kaki, telapak kaki tengah, lutut, pergelangan tangan, jari-jari tangan, dan siku.

Biasanya nyeri berkembang dengan cepat dalam tempo beberapa jam saja. Nyeri hebat ini akan disertai dengan pembengkakan, sensasi panas, serta kemunculan warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi.

Serangan penyakit asam urat umumnya berlangsung dalam kurun 3-10 hari. Saat gejala mereda dan bengkak mengempis, kulit di sekitar sendi yang kena akan tampak bersisik, terkelupas, dan terasa gatal. Meski serangan bisa reda dengan sendirinya, namun kondisi ini tidak boleh diabaikan. Pengobatan harus tetap dilakukan, antara lain untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat keparahan gejala yang meningkat, risiko penyebaran ke sendi-sendi yang lain, dan risiko kerusakan permanen pada sendi.






Beberapa Obat Tradisional untuk Mengobati Asam Urat

1. Jahe

Jahe bukan hanya sebagai rempah yang digunakan sebagai penyedap dari masakan yang alami. tetapi jahe juga memiliki manfaat lain yaitu bisa mengobati rasa nyeri atau sakit dibagian persendian pada pasien penyakit asam urat. Selain sebagai obat herbal tradisional untuk memperlancar pernafasan dan memperlancar pencernaan. obat herbal tradisional asam urat ini bisa membersihkan tumpukan purin pada darah maupun dibagian persendian. 

Cara pembuatan obat herbal asam urat dengan bahan dasar jahe ini cukup mudah Anda bisa membuat soup dari bahan jahe dan anda tinggal mengkonsumsinya secara rutin setiap hari, pasti anda akan merasakan khasiat ampuh dari jahe dalam beberapa minggu. 

2. Obat Tradisional Asam Urat Cordyceps Capsule

Cordyceps Capsule merupakan pilihan paling tepat untuk pengobatan penyakit asam urat tinggi baik akut dan bagi yang tidak kunjung sembuh. Seperti yang sudah dibahas diatas, penyakit asam urat juga di sebabkan oleh organ lemahnya ginjal untuk mengeluarkan zat racun salah satunya adalah asam uratsehingga menumpuk baik dalam darah maupun dalam persendian. Jadi prinsip pengobatan asam urat yang tepat adalah dengan memperkuat kinerja organ ginjal untuk bekerja secara alami juga organ hati serta pankreas. Cordyceps adalah jamur dari Tibet yang sudah teruji klinis ampuh mengobati asam urat secara tradisional asam urat dengan cara meningkatkan fungsi ginjal dalam mengeluarkan zat racun dan sebagai anti peradangan/anti inflamasi alami.

Dalam pengobatan Cina cordyceps digunakan sebagai afrodisiak/menambah stamina pria dan juga untuk pengobatan untuk berbagai penyakit serta akibat ketidakseimbangan yin dan yang. 

Komposisi aktif Cordyceps capsule yaitu asam amino, cordycepin, asam cordycepic, adenosine, polisakarida, SOD dan trace element (elemen renik ). Cordyceps capsule digunakan secara alami untuk alternative mengobati asam urat secara alami karena memiliki keistimewaan tidak mengandung hormon atau zat yang mengandung purin tinggi. 

Terkait dengan penelitian pada produk cordyceps pada bulan Maret 2013 tahun Ialu. Para ilmuwan menyatakan bahwa Cordyceps bersifat anti-inflamasi, Cordyceps mampu menekan sekresi interleukin-lb dan interleukin-18 dengan menghambat inflammasomes baik kanonik dan non-kanonik. Inflammasomes ada kaitannya dengan penyakit auto-inflamasi, salah satunya adalah seperti penyakit asam urat. 

Dengan demikian selain mencegah tingkat asam urat yang berlebih, cordyceps capsule juga dapat memperbaiki fungsi organ ginjal yang menyaring dan mengeluarkan kelebihan asam urat bersama air seni, sehingga kadar asam urat dalam tubuh dapat tetap terjaga. 

3. Obat Tradisional Asam Urat Bunga Rosella 

Obat Alami Asam Urat dari Bunga Rosella dapat digunakan sebagai pereda nyeri pada sendi yang disebabkan oleh asam urat, Anda bisa memakai bunga Rosela sebagai obat tradisional. Obat Asam Urat Rosella ini memiliki banyak kandungan zat-zat utama yang sangat diperlukan oleh tubuh salah satunya seperti kandungan protein esensial, serta juga vitamin C. Diluar itu kandungan asam amino arginina serta Iegnin bermanfaat sebagai peremajaan pada sel-sel tubuh. 

Cara pembuatan dan pengunaan gampang serta dapat di buat dirumah 
  • Sediakan 5 kelopak bunga Rosella kering serta telah dicuci bersih. 
  • Lalu seduh memakai air panas sejumlah 200cc. 
  • Berikan madu sebagai pemanis. 
  • Minum dalam jangka waktu satu bulan anda akan merasakan khasiatnya. 

4. Daun Seledri

Obat Tradisional Asam Urat Daun Seledri 

Obat Asam Urat dari Daun Seledri bukan hanya sebagai Bahan pelengkap pada masakan tetapi ada khasiat lain yaitu bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami. Kandungan daun seledri adalah klorin, inositol, asam lemak esensial, asam folat, sulfur, zeng, Vit B1 dan juga Vitamin A. 

Cara pembuatan obat herbal asam urat 
  • Ambil kira-kira 3 gram atau 5 helai daun seledri. 
  • Cuci sampai bersih. 
  • Rebus dalam air mendidih dengan air 100 cc. 
  • Saring dan tuangkan ke gelas. 
  • Kemudian minum saat dingin sebanyak 1 kali sehari. 

5. Daun Sirsak


Obat Tradisional Asam Urat Daun Sirsak 

Obat Asam Urat Alami sirsak yang memiliki kandungan Vitamin C dan vitamin A yang ada di dalam daun sirsak cukup tinggi, yang bermanfaat untuk mengeluarkan racun atau sampah hasil metabolisme tubuh yang ada pada tubuh, selain itu daun ini juga bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi yang diakibatkan oleh asam urat, obat tradisional daun sirsak untuk mengobati asam urat ini perlu Anda coba. 

Cara Pembuatan sederhana dan mudah 
  • Ambil 5 lembar daun sirsak muda 
  • Rebus dengan menggunakan air yang bersih hingga mendidih 
  • Minum ramuan obat tradisional tersebut setelah dingin 
  • lakukan cara tersebut rutin tiap hari dalam 1 bulan anda akan merasakan khasiatnya 

6. Buah cherries

Obat Tradisional Asam Urat Buah cherries 

Buah cerries sangat berkhasiat untuk dapat mengobati asam urat, kandungan magnesium dalam buah Cherri dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Selain dapat meredakan rasa nyeri, kandungan potasium pada buah cherries juga mampu mencegah peradangan atau inflamasi. 

Cara Pembuatan dan Pemakaian 

Anda hanya perlu mengkonsumsinya 7 hingga 9 buah ceries setiap hari, banyak cara untuk mengkonsumsinya,dijadikan sirup yang sebelumnya direbus terlebih dahulu. Lalu kemudian diminum setiap hari. Obat tradisional asam urat ini terbukti ampuh meringankan rematikjika Anda rutin mengkonsumsi setiap hari. 

7. Madu

Obat Herbal Asam Urat dari Nanas dan Madu Kamu bisa bikin ramuan herbal untuk menyembuhkan penyakit asam urat dengan memakai beberapa bahan alami. Salah satunya dengan memakai nanas serta madu. Ramuan ini telah dapat dibuktikan efisien bisa meredakan bahkan juga mengobati penyakit asam urat. 






Cara Pembuatan dan Pemakaian 
  • Kupas kulit nanas serta pisahkan daging buah nanas dari batangnya 
  • Iris nanas jadi bagian-bagian tidak tebal 
  • Lalu letakkan buah nanas itu kedalam jus 
  • Haluskan buah nanas dengan jus sampai benarbenar halus 
  • Setelah itu, berikan satu cangkirjus ceri, serta taburi dengan jahe serta kunyit yang sudah disiapkan Kamu bisa mengkonsumsinya sehari-hari dengan cara teratur 
  • Taruh ramuan yang telah kita buat tadi kedalam wadah kaca, serta yakinkan untuk menutupnya dengan baik. Lantas taruh ramuan tersebut di dalam kulkas 
  • Kamu supaya ramuan tersebut lebih awet serta tak busuk 
  • Bila Kamu menginginkan, Kamu bisa memberikan madu untuk rasa yang tambah baik, serta jumlah jahe serta kunyit bisa beragam juga. 
  • Obat alami asam urat ini bisa bertahan di lemari es hingga sebulan 

8. Terapi Air Hangat

Obat Herbal Asam Urat dengan Terapi Air Hangat 

Terapi air hangat ini sudah dikenal sejak zaman kakek buyut. Karena terapi air hangat ini bisa meringankan rasa nyeri dibagian persendian, karena dengan berendam di air hangat bisa memperlancar sistim vaskularisasi atau memperlancar aliran pembuluh darah. sehingga kotorankotoran purin pada pembuluh darah akan mudah untuk dikeluarkan. nah lakukan perendaman bisa saat terasa nyeri maupun hanya sekedar relaksasi saja. lakukan setiap hari maka anda akan merasakan rasa relaks dalam sejenak dan baik untukjangka waktu yang lama. 

9. Obat alternatif untuk asam urat menggunakan Kayu Manis 

Sediakan kapulaga, cengkih, jahe merah, kayu manis, biji pala, dan lada. Rebus semua bahan tadi hingga air menguap setengah. Saring lalu minum ramuan tadi. 

10. Bangle

Sediakan jahe, kapulaga, lada, cengkih, biji pala, kayu manis, dan Bangle. Rebus seluruh bahan tadi ke dalam air. Biarkan mendidih hingga air susut ½ dari semula. Minum dengan cara seperti di atas. 

11. Daun Sosor Bebek 


Sediakan biji pala, cengkih, kapulaga, jahe, dan daun sosor bebek. Untuk membuat ramuan penurun Asam Urat, cara seperti di atas.

12. Menggunakan Daun Salam


Cukup dengan merebus 17 Daun Salam ke dalam 3 gelas berisi air. Biarkan hingga mendidih, dan air tersisa segelas saja. Minum ramuan ini di pagi dan malam hari.

13. Daun Kumis Kucing 


Selain berkhasiat untuk menghancurkan batu pada saluran kencing, sifat Diuretik pada Tanaman Kumis Kucing mampu melarutkan Asam Urat dalam tubuh lewat kencing. Menjadikan Daun Kumis Kucing sebagai obat alami bagi Asam Urat 

Sediakan 20 gram daun Kumis Kucing basah, 20 gram Daun Meniran, 20 gram daun Sawi, 30 gram Jahe Merah, dan 10 gram Daun Kapulaga yang kering. Campur semua bahan dan tambahkan jahe merah yang telah ditumbuk halus. Rebus ke dalam 1 liter air hingga mendidih. Angkat setelah air berkurang separuh dari semula. Minum ramuan alami tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

14. Bidara Tanaman 

Bidara mengandung senyawa aldehid, alkane, flavanoid, keton, dan mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium. 

Cara membuat ramuan: 

Rebus 10 gram daun Bidara, 10 gram Temulawak, 1 gram Buah Lada, dan 9 gram Komfrey ke dalam 5 gelas berisi Air. Rebus hingga mendidih dan air berkurang 2 gelas. Minum ramuan alami tersebut setiap hari sewaktu pagi, siang, dan menjelang tidur malam.

Demikian beberapa ramuan tradisional untuk mengatasi asam urat semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengobati Asam Urat dengan Ramuan Tradisional"