Arti Pertanda dan Firasat dari Binatang Unggas dan Burung Menurut Primbon Jawa

Arti Pertanda dan Firasat dari Binatang Unggas dan Burung Menurut Primbon Jawa - Banyak pertanda di alam ini yang berguna bagi manusia dalam mengarungi kehidupan sehari-hari. Selain pertanda yang berasal dari gejala alam dan benda-benda langit, dikenal pula pertanda alam yang berasal dari tingkah laku binatang yang akrab dengan kita, misalnya pertanda dari tingkah laku binatang yang akrab dengan kita misalnya pertanda dari unggas dan burung. Adapun kategorinya sebagai berikut :

Pertanda dari Unggas dan maknanya 

Unggas atau Jenis hewan/binatang bersayap, berkaki dua, berparuh dan berbulu, yang mencakup semua jenis burung. Unggas bagi yang memercayainya terkadang membawa sebuah pesan tersembunyi melalui tingkahlakunya. Untuk lebih jelasnya maka akan diuraikan sebagai berikut. 

1. Burung Prenjak 
Burung Prenjak

Burung prenjak yang berkicau di sakitar tempat tinggal mungkin bagi sebagian orang dianggap biasa saja. Akan tatapi bagi sebagian orang yang percaya. kicauan burung prenjak memiliki arti atau pertanda khusus. Adapun pertanda-pertanda yang disampaikan melalui kicaua burung prenjak adalah sebagai berikut ini.

Utara
  • Jika Anda mendengar burung prenjak yang berkicau dari sebelah utara rumah maka hal tersebut merupakan pertanda baik. Sebab Anda akan memperoleh pencerahan dari orang bijak yang mampu mengubah arah hidup Anda menuju arah yang lebih baik. 
  • Berbeda lagi jika Anda melihat burung prenjak yang kepakan sayapnya menyambar-nyamber datang dari arah utara tempat tinggal Anda maka hal itu merupakan pertanda buruk. Sebab jika Anda lengah dalam melakukan sesuatu, maka akan menemui kesialan dan hal itu mungkin juga menandakan akan adanya berita kematian.
Selatan 
  • Jika Anda melihat dan mendengar kicauan sepasang burung prenjak yang datang dari arah selatan, maka hal tersebut merupakan pertanda baik. Sebab akan datang seorang tamu yang memberikan keberkahan dalam kehidupan rumah tangga Anda. Maka jamulah tamu tersebut dengan sebaik-baiknya.
  • Jika Anda mendengarkan kicauan seekor burung prenjak dari arah selatan, maka hal tersebut merupakan pertanda baik. Sebab Anda akan kedatangan tamu yang membawa rezeki. 
  • Jika melihat burung prenjak yang datang dari arah selatan dan datangnya dengan kepakan sayap yang menyambar-nyambar, maka hal tersebut merupakan pertanda buruk. Sebab akan ada keributan dalam rumah tangga Anda. Untuk itu Anda harus sabar dan saling menahan diri, berbuat baik agar keributan bisa dihindari 

Timur 
  • Jika Anda mendengarkan kicau burung prenjak dari arah timur tempat tinggal Anda, maka hal tersebut menandakan perihal buruk. Sebab akan datang tamu yang berniat buruk pada Anda sehinga Anda perlu berhati-hati. Selain itu, kicauan burung prenjak dari arah timur juga menandakan akan adanya wabah penyakit.
  • Jika Anda menjumpai burung prenjak yang berkicau dan kepakan sayapnya menyambar-nyamber, serta datangnya dari arah timur laut maka hal tersebut menandakan akan/datang seseorang yang hendak meminta pertolongan Anda. 
  • Jika burung prenjak datang dari sebelah timur rumah dan hanya menyambar-nyambar saja, maka hal tersebut pertanda baik. Sebab akan datang seorang tamu yang bijak dan memiliki ilmu agama tinggi 






Barat 
  • Burung prenjak berkicau yang datang dari sebelah barat tempat tinggal merupakan pertanda buruk. Sebab akan kedatangan tamu yang membawa niat jelek dan ingin bertengkar. Oleh karena itu, Anda harus waspada dan berusaha bersikap sabar supaya tidak terjadi pertengkaran. 
  • Berbeda jika burung prenjak yang datang dari arah barat hanya menyambar-nyambar saja, maka hal tersebut merupakan pertanda baik. Sebab akan memperoleh kedudukan tinggi dalam karier dan Sukses dalam hidup. 

Lain-lain 
  • Jika ada burung prenjak berkicau di pojok atap tempat tinggal Anda maka hal tersebut pertanda bahwa Anda dan keluarga akan maderita sakit sebagai jalan untuk selalu mengingat Tuhan. Oleh karen itu, untuk menghindari hal tersebut maka Anda dan keluarga harus lebih mendekatkan diri pada Tuhan supaya terhindar dari wabah penyakit. 
  • Jika ada burung prenjak yang berkicau sambil mengelilingi sekitar tempat tinggal Anda, maka hal tersebut pertanda baik. Sebab Anda akan memperoleh rezeki halal yang berlimpah. Agar rezeki tersebut cepat didapatkan maka Anda perlu bersedekah pada fakir miskin selalu bertawakal, dan bersabar. 


2. Burung Kedasih 
Burung Kedasih

Seperti halnya burung prenjak burung kedasih pun bagi yang permaca, juga membawa pertanda atau pesan khusus untuk lebih jelasnya maka perhatikan penjelasan berikut ini.
  • Jika burung kedasih berkicau di depan halaman tempat tinggal Anda hal tersebut menandakan Anda kemungkinan akan menderita sakit. Untuk menghindari agar tidak mudah sakit maka dituntut adanya gaya hidup sehat.
  • Jika burung kedasih berkicau di tempat yang tidak memiliki bangunan/tanah kosong, maka hal tersebut pertanda bahwa di sekitar tempat tersebut hendaknya jangan disinggahi terlebih dahulu. Sebab ditengarai ada banyak penyakit. 

Keterangan : kicauan burung kedasih bagi sebagian orang dianggap burung yang membawa kesialan sebab dianggap membawa penyakit. jika melihat burung kedasih maka disarankan untuk mengusirnya untuk kembali ke tempat asalnya. Adapun cara untuk menolak bal buruk tadi adalah dengan membaca surat Al An'am. 

3. Burung Gagak
Burung Gagak

Suara burung gagak kadang membuat bulu kuduk merinding karena banyak orang yang menganggap bahwa burung gagak adalah burung yang menyeramkan. Ada pula yang menganggap bahwa suara burung gagak selalu berhubungan dengan hal-hal negatif. Padahal anggapan tersebut tidak semuanya benar karena suara burung gagak pun banyak yang menunjukkan pertanda baik. 

Pagi Hari 
  • Jika mendengar suara burung gagak di halaman pada pukul 1-2 dini hari maka hal tersebut merupakan pertanda baik karena akan datang rezeki yang datangnya tanpa diduga-duga. 
  • Jika mendengar suara burung gagak di halaman rumah pada pukul 3-4 dini hari maka hal tersebut merupakan pertanda jelek sebab Anda kemungkinan akan bertengkar dengan orang lain. Oleh karena itu, Anda dituntut lebih bersabar diri dan tidak mudah terpancing emosi. 
  • Jika mendengar suara burung gagak di halaman rumah pada pukul 5-6 pagi hari maka hal tersebut juga pertanda baik sebab Anda akan dikaruniai banyak rezeki dan karier Anda pun melejit.
  • Jika mendengar suara burung gagak di halaman pada pukul 7-8 pagi maka hal tersebut menandakan bahwa kebaikan yang pernah dilakukan akan mendapat balasan yang baik pula dan saudara Anda juga akan menyanjung perbuatan baik tersebut. 
  • Jika mendengar suara burung gagak pada pukul 9-10 pagi maka hal tersebut menandakan hal baik yang akan didapat dari daerah lain. 

Siang Hari 
  • Jika Anda mendengar suara burung gagak di halaman rumah pada pukul 11-12 maka hal tersebut menandakan bahwa Anda harus mendekatkan diri pada Tuhan supaya tidak diganggu hal-hal jahat.
  • Jika Anda mendengar suara burung gagak di halaman rumah pada pukul 1-2 siang maka hal itu menandakan bahwa Anda akan kehilangan benda/barang. Oleh karena itu, Anda harus selalu meningkatkan kewaspadaan supaya dapat menghindarinya. 

Sore Hari 
  • Jika Anda mendengar suara burung gagak di halaman rumah pada pukul 3-4 sore maka hal tersebut merupakan pertanda Anda akan mendapatkan kebaikan dari tamu yang datang pada hari itu. 
  • Jika Anda mendengar suara burung gagak di halaman rumah pada pukul 5-6 sore maka hal tersebut merupakan pertanda buruk. Sebab Anda akan ditimpa kesusahan karena kehilangan barang milik Anda.

Malam Hari 
  • Jika Anda mendengar suara burung gagak di halaman rumah pada pukul 7-8 malam maka hal tersebut merupakan pertanda baik sebab Anda akan dikaruniai rezeki halal yang cukup berlimpah. 
  • Jika Anda mendengar suara burung gagak di halaman rumah pada pukul 9-10 malam maka hal tersebut merupakan pertanda jelek. Sebab ada seseorang yang tidak suka dengan Anda dan akan memfitnah Anda.
  • Jika Anda mendengar suara burung gagak di halaman rumah pada pukul 11-12 malam maka hal tersebut juga merupakan pertanda baik. Sebab saudara yang jauh dan lama tidak berjumpa akan datang ke rumah Anda. 






Lain-lain 

Jika ada burung gagak hinggap di atap rumah Anda dan berkicau maka hal tersebut membawa pertanda baik. Sebab akan ada orang yang hendak menolong permasalahan dalam hidup Anda. Agar hal baik tersebut cepat terlaksana, maka perbanyaklah bersedekah uang maupun barang pada fakir miskin 

4. Burung Jalak
Burung Jalak

Jika mendapati burung jalak yang hinggap di atas rumah milik Anda maka hal tersebut merupakan pertanda baik. Sebab Anda akan menanjak dalam karier atau naik pangkat. Untuk mewujudkan hal tersebut maka Anda Juga harus rajin bersedekah sandang/pakaian dan uang secukupnya pada fakir miskin.

5. Burung Engkuk 
Arti Pertanda dan Firasat dari Binatang Unggas dan Burung Menurut Primbon Jawa

Jika mendapati burung engkuk yang hinggap di atas atap rumah Anda maka hal tersebut merupakan pertanda baik. Sebab Anda akan dimudahkan dalam mendapatkan uang Akan tetapi, Anda diharuskan bersedekah pada fakir miskin Apabila tidak bersedekah maka yang terjadi sebaliknya. 

6. Burung Deruk 
Burung Deruk

Jika mendapati burung deruk hinggap di atap rumah maka hal tersebut merupakan pertanda kurang baik, sebab akan datang suatu kesusahan Untuk menolak hal buruk tersebut maka Anda disarankan untuk bersedekah uang dan bahan makanan pada orang yang membutuhkan. 

7. Burung Rangkok
Burung Rangkok

Jika rumah pohon di halaman dihinggapi burung rangkok maka hal tersebut merupakan pertanda baik sebab karier Anda akan semakin menanjak dan bisnis Anda pun semakin maju. Untuk itu Anda dianjurkan untuk bersedekah uang dan bahan sandang pada orang yang kesusahan di sekitar lingkungan. Anda. Akan tetapi, ada orang yang tidak suka dengan Anda. Untuk itu Anda perlu waspada dan berhati-hati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Pertanda dan Firasat dari Binatang Unggas dan Burung Menurut Primbon Jawa"