Arti Pertanda dan Firasat dari Binatang Reptilia, Serangga dan Tanaman Menurut Primbon Jawa

Arti Pertanda dan Firasat dari Binatang Reptilia, Serangga dan Tanaman Menurut Primbon Jawa - Banyak pertanda di alam ini yang berguna bagi manusia dalam mengarungi kehidupan sehari-hari. Selain pertanda yang berasal dari gejala alam dan benda-benda langit, dikenal pula pertanda alam yang berasal dari tingkah laku binatang yang akrab dengan kita dan dari tanaman, misalnya pertanda dari tingkah laku binatang dan tanaman yang sering berdekatan dengan kehidupan kita misalnya pertanda dari reptilia, serangga dan dari tanaman. Adapun kategorinya sebagai berikut :

I. REPTILIA 

1. Ular 
Ular

Mungkin bagi sebagian orang menganggap ular sebagai binatang yang menakutkan dan menjijikkan. Akan tetapi, bagi sebagian orang, mengagungkan ular sebab membawa pertanda baik. Jika seekor ular masuk ke dalam rumah maka hal tersebut merupakan pertanda baik karena si pemilik rumah akan memiliki kedudukan dalam masyarakat sehingga sangat dihormati dan disegani. Hal tersebut akan cepat terwujud jika rajin bersedekah bahan makanan dan uang secukupnya pada orang-brang yang benar-benar membutuhkan. Namun. jika tidak bersedekah maka akan mendatangkan hal buruk, sebab akan ada kerusakan dan kesukaran dalam kehidupannya. 

2. Cicak 
cicak

Kejatuhan cicak diyakini sebagai pertanda akan mendapatkan kesialan. Untuk itu, dituntut adanya kewaspadaan dalam ucapan, pikiran, maupun tindakan supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Bertawakal pada Allah swt. adalah kunci untuk lebih rnendekatkan pada kebaikan. 

II. SERANGGA 

1. Lebah
lebah

Datangnya lebah di dalam rumah atau pun pekarangan merupakan pertanda baik. Sebab si pemilik rumah atau si pemilik pekarangan akan mendapatkan berkah yang melimpah dan rezeki juga akan deras mengalir. Perbanyaklah bersedekah pada fakir miskin agar hal baik tersebut akan cepat terlaksana. Namun, jika tidak pernah bursedekah maka kehidupan Anda akan selalu ditimpa kesusahan. 

Jika ada lebah yang besar memasuki rumah atau pekarangan Anda maka hal tersebut juga pertanda baik. Sebab Anda akan mendapati banyak orang bijak yang akan sangat membantu Anda dalam karier ataupun kehidupan sehari-hari. Melalui nasihat-nasihat orang lain tersebut maka Anda akan menjadi orang yang bijaksana. Untuk itu Anda disarankan banyak beramal bahan makan dan bahan sandang pada fakir miskin serta uang secukupnya. Namun. jika Anda tidak bersedekah maka akan menemui banyak kesulitan hidup.

2. Rumah Rayap (Unur)
rayap

Bagi sebagian orang rayap merupakan serangga pengganggu yang harus segera dimusnahkan karena merusak kayu dan bahan lainnya, Akan tetapi, banyak orang juga yang percaya bahwa rumah rayap (uner) yang berada di dalam kamar rumah merupakan pertanda baik. Sebab pertanda si pemilik rumah akan memperoleh rezeki dengan mudah hidup bahagia, dan terpandang dalam kehidupan bermasyarakat. 

Berbeda maknanya jika unur terdapat di atas makam. Hal tersebut menandakan bahwa keturunan dari yang dikuburkan akan memperoleh kebahagiaan dan hidup terhormat. 






3. Laba-Laba 
laba-laba

Laba-laba yang hinggap ternyata memberikan pertanda tersendiri bagi orang-orang yang percaya. Jika suatu ketika Anda melihat laba-laba dan kemudian laba-laba tersebut mendekat pada Anda, maka hal tersebut merupakan pertanda baik. Sebab Anda akan dimudahkan dalam mencari rezeki yang halal. Hal tersebut dengan catatan bahwa laba-laba yang mendekati tersebut kaki-kakinya masih lengkap dan utuh. Jika Anda sudah memperoleh rezeki, maka hendaknya Anda mau bersedekah pada yang membutuhkan, supaya rezeki Anda tetap lancar 

4. Kupu-Kupu
kupu-kupu

Kupu-kupu banyak jenisnya dan bermacam-macam warnanya. Akan tetapi orang Jawa percaya bahwa kupu-kupu putih yang datang pada malam hari merupakan pertanda baik. Sebab yang dihinggapi akan memperoleh kebahagiaan dan kemudahan mencari rezeki. 

5. Kinjeng Tangis 
Kinjeng Tangis

Bagi sebagian orang kinjeng tangis memberikan pertanda tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Kedatangan kinjeng tangis berarti pertanda buruk sebab akan kedatangan kesulitan. Untuk itu perlu waspada dan banyak berdoa.

III. TANAMAN 

1. Jamur 
jamur

Jika di dalam kamar atau di dapur Anda tumbuh jamur maka hal tersebut merupakan pertanda baik. Anda akan memperoleh rezeki berlimpah dan mendapatkan teman yang membawa kemajuan karier Anda. Supaya hal tersebut terwujud maka Anda harus memperbanyak amal baik. jika tidak beramal baik maka banyak orang yang akan membenci dan menjauhi Anda. 

2. Tumbuhan yang Tumbuh Tidak Sengaja 

Jika di dalam rumah Anda tumbuh rumput maka hal tersebut merupakan pertanda buruk. Sebab Anda akan bertengkar dengan pasangan Anda. Jika tidak saling memaafkan maka bisa timbul perceraian. Bagi Anda yang belum memiliki pasangan maka tumbuhnya rumput di dalam rumah merupakan pertanda bahwa jodoh Anda masih jauh atau masih lama menemukan pasangan. 

Jika di dalam rumah Anda ada biji sayuran yang tumbuh, maka hal tersebut merupakan pertanda baik. Sebab Anda akan dimudahkan dalam mencari penghidupan. Namun Anda harus bijaksana dalam memanfaatkan rezeki yang diperoleh bila tidak ingin cepat hilang. 

Jika di dalam rumah Anda terdapat biji buah-buahan yang tumbuh tanpa disengaja maka hal itu merupakan pertanda baik. Sebab Anda dan keluarga akan banyak memperoleh laba dari usaha Anda selama ini. Karier Anda juga akan terus menuju puncak kesuksesan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Pertanda dan Firasat dari Binatang Reptilia, Serangga dan Tanaman Menurut Primbon Jawa"