Primbon Wanita : Tabiat Wanita Dilihat dari Flek Hitam/Toh

Begitupun orang tua mengatakan, bahwa di dalam kitab primbon arang yang mempunyai Flek Hitam (dalam bahasa jawa disebut Toh) yang berada di bagian kulit tubuh, itu menandakan orang tersebut mempunyai tabiat begini dan begini. 


Flek/Toh yang ada pada kulit tubuh seseorang itu adalah merupakan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa sejak lahir ke alam dunia ini. Tetapi oleh para leluhur kitapada zaman dahulu, bahwa orang yang memiliki flek/toh pada kulit tubuhnya itu mempunyai arti yang sangat dalam, yaitu dapat diketahui tentang tabi'at orang tersebut. 

Berikut ini akan dijelaskan tabi'at dan watak tiap-tiap wanita yang dibagian kulit tubuhnya ada flek/toh, Bila flek/toh itu jatuh pada bagian : 

Bagian Wajah : 

Tabiatnya sangat menyusahkan orang lain, karena di samping wajahnya kelihatan jelek, juga hatinya pun sangat jelek dan busuk, seringkali berbuat keonaran, pemboros dan seringkali bertengkar. Tetapi ia bersifat belas kasihan kepada orang yang menderita, pandai menyimpan rahasia, serta suka menerima nasehat orang lain. 

Bagian Leher : 

Tabiatnya keras hati, mudah tersinggung, dan terkadang ia suka bertengkar. Tetapi ia sangat menaruh belas kasihan terhadap orang yang dalam kesusahan, pemaaf, dan mudah sadar bila dinasehati. 

Lengan Tangan Bagian Kanan : 

Tabi'atnya gampang bimbang, mudah tersinggung, tidak mudah terpengaruh, dan kurang pandai bergaul. Tetapi bersifat pendiam, suka mengalah dalam suatu perkara, sehingga banyak orang yang menaruh simpati kepadanya dengan sifat-sifatnya yang baik itu. 

Lengan Tangan Bagian Kiri : 

Tabiatnya suka menuruti kehendak hatinya tanpa menghiraukan nasehat orang lain, suka berbuat yang tidak baik dan kurang bisa menyimpan rahasia. Tetapi ia bersifat tidak pemboros, suka menolong orang dalam kesusahan, dan suka bergaul dengan orang baik. 

Perut Bagian Kanan : 

Tabiatnya mudah tersinggung, kurang pandai bergaul, suka menyendiri dan suka dipuji. Tetapi iya suka buat baik, tahan lapar dan suka menolong orang lain yang hidupnya menderita, serta suka menerima nasehat. 






Perut Bagian Kiri : 

Tabiatnya suka menuruti kehendak hawa-nafsunya, segala sesuatunya ingin menang sendiri, suka makan barang subhat (barang yang tidak jelas halal dan haramnya), pemboros dan tidak pandai menyimpan rahasia. Tetapi ia bersifat belas kasihan terhadap orang yang hidupnya menderita, karenanya ia suka menolong. 

Punggung : 

Tabiatnya pemboros, tidak bisa berhemat, mudah bimbang, dan mudah percaya pada omongan orang. Tetapi ia bersifat penyabar, tahan uji, dan selalu mengalah setiap mempunyai persoalan dengan orang lain. 

Pantat Bagian Tengah : 

Tabiatnya mudah marah dan mudah tersinggung, serta kadang-kadang suka bertengkar. Tetapi ia bersifat ramah, suka menolong penderitaan orang, suka mema'afkan kesalahan orang dan suka bergaul. 

Kaki Bagian Kanan : 

Tabiatnya keras hati, mudah tersinggung, kadan-kadang berlagak sombong, apapun yang menjadi tujuannya sulit untuk dihalangi dan kurang bisa menyimpan rahasia. Tetapi ia banyak menaruh belas kasihan terhadap kaum lemah, suka menerima nasehat orang lain dan satu kelebihan yang ada pada dirinya ialah kuat berjalan jauh

Kaki Bagian Kiri :

Tabiatnya suka berpergian kepada maksiat, pemboros dan suka berfoya-foya, sulit untuk disadarkan bila bersalah, dan kurang bisa menyimpan rahasia. Tetapi ia bersifat belas kasihan, suka menolong, dan suka berteman orang yang baik, serta suka mengalah. 

Pusat : 

Tabiatnya gampang bimbang, mudah putus-asa, mudah tersinggung dan mudah marah serta sering kali dirundung susah. Tetapi terkadang berhati baik, cerdik, dan mempunyai daya ingat yang kuat, serta memiliki sifat welas asih terhadap orang yang hidupnya menderita. 

Demikianlah tabiat wanita yang dikulit tubuhnya ada flek/toh hitam dari hasil reka-rekaan para leluhur di zaman dahulu, yang sampai sekarang masih banyak orang yang mempercayainya. Padahal kalau benar, itu adalah merupakan kebetulan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Primbon Wanita : Tabiat Wanita Dilihat dari Flek Hitam/Toh"