Makna Tanggal Lahir Menurut Jawa

Makna Tanggal Lahir Menurut Jawa - Dalam kalender Jawa, setiap tanggal memiliki sifat tersendiri. Sifat tersebut dimulai dari tanggal 1-30 dalam perhitungan kalender Jawa. Setiap tanggal dalam kalender Jawa juga mempunyai semacam ‘ikon’ binatang, tumbuhan, atau benda tertentu yang dianggap sebagai wakil tiap tanggal. Untuk lebih jelasnya maka perhatikan penjelasan berikut 


Tanggal 1 (kuda) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 1 memiliki sifat yang baik dan jujur. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 1 adalah Allah swt. menciptakan Nabi Adam as. 

Tanggal 2 (kijang) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 2 memiliki sifat tabah dan sabar. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 2 adalah Allah swt. menciptakan Siti Hawa dari tulang rusuk Nabi Adam as. 

Tanggal 3 (macan) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 3 memiliki perangai sifat yang tidak baik. kurang cerdas dan kalau terjerumus kesesatan maka akan durhaka. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 3 adalah 'Qabil mem-bunuh Habil.

Tanggal 4 (kucing) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 4 memiliki sifat mulia, berbakti pada orangtua, dan saleh. Tidak ada kejadian penting yang berhubungan dengan tanggal 4. 

Tanggal 5 (sapi) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 5 memiliki watak durhaka dan angkuh. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 5 adalah lahirnya Qabil. 

Tanggal 6 (kerbau)

Orang yang dilahirkan pada tanggal 6 memiliki sifat baik dan merupakan anak saleh/salehah. Tidak ada kejadian penting yang berhubungan dengan tanggal 6. 

Tanggal 7 (tikus)

Orang yang dilahirkan pada tanggal 7 memiliki sifat baik dan 4 merupakan anak saleh/salehah. Tidak ada kejadian penting yang berhubungan dengan tanggal 7. 

Tanggal 8 (rusa/Iembuwana) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 8 memiliki sifat baik dan dinaungi banyak keberuntungan. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 8 adalah Allah swt. menjadikan Nabi Nuh as. dan peristiwa perahu Nuh.

Tanggal 9 (anjing) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 9 memiliki sifat durhaka, angkuh, dan tidak bertanggung jawab. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 9 adalah wafatnya Nabi Saleh as.

Tanggal 10 (naga) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 10 memiliki sifat amanah dag memegang janji. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 10 adalah turunnya Nabi Nuh as. 

Tanggal 11 (kambing)

Orang yang dilahirkan pada tanggal 11 memiliki sifat pandai berbicara, memiliki anugerah rezeki yang berlimpah, dan panjang umur. Tidak ada kejadian penting yang berhubungan dengan tanggal 11. 

Tanggal 12 (bunga pinang) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 12 memiliki sifat baik, amanah, dan tidak suka berbohong. Tidak ada kejadian panting yang berhubungan dengan tanggal 12. 

Tanggal 13 (gajah)

Orang yang dilahirkan pada tanggal 13 memiliki sifat tahan menderita dan kadang berbohong. Tidak ada kejadian penting yang berhubungan dengan tanggal 13. 






Tanggal 14 (singa) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 14 memiliki sifat mudah beradaptasi dan memiliki kemampuan yang baik dalam berbagai bidang. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 14 adalah Allah swt. menciptakan arsy, bumi, langit, surga, dan neraka. 

Tanggal 15 (ikan) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 15 memiliki sifat setia dan berbakti. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 15, Allah swt. meniadikan Nabi Yusuf as. 

Tanggal 16 (lilin)

Orang yang lahir pada tanggal 16 memiliki sifat buruk dan sekehendak dirinya sendiri. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 16 adalah hancurnya kaum Luth yang mendurhakai Allah swt. 

Tanggal 17 (burung elang) 

Orang yang dilahirkan tanggal 17 memiliki sifat selalu berusaha lebih baik dan introspeksi diri. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 17 adalah Allah swt. menjadikan Nabi Musa as. 

Tanggal 18 (babi hutan)

Orang yang dilahirkan pada tanggal 18 memiliki sifat baik. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 18 adalah bertemunya Nabi Yakub as. dengan Nabi Yusuf as. 

Tanggal 19 (banteng)

Orang yang dilahirkan tanggal 19 memiliki sifat buruk sebab durhaka pada Allah swt. dan durhaka pada orangtua. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 19 adalah Allah swt. menjadikan Nabi Yakub as. 

Tanggal 20 (antu) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 20 memiliki sifat baik, dermawan, dan banyak rezeki. Tidak ada kejadian panting yang berhubungan dengan tanggal 20. 

Tanggal 21 (arang)

Orang yang dilahirkan pada tanggal 21 memiliki watak buruk sebab durhaka. Tidak ada keiadian penting yang berhubungan dengan tanggal 21. 

Tanggal 22 (udang)

Orang yang dilahirkan pada tanggal 22 memiliki sifat baik, juiur, dan ikhlas hati. Tidak ada kejadian panting yang berhubungan dangan tanggal 22.

Tanggal 23 (ular laut)

Orang yang dilahirkan tanggal 23 memiliki sifat durhaka. Tidak ada kejadian yang berhubungan dengan tanggal 23. 

Tanggal 24 (pare)

Orang yang dilahirkan pada tanggal 24 memiliki sifat tidak baik, nakal, dan durhaka. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 24 adalah Allah swt menjadikan Namrud dan Fir'aun. 

Tanggal 25 (pande) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 25 memiliki sifat dermawan, suka menolong, dan sabar. Tidak ada kejadian yang berhubungan dengan tanggal 25. 

Tanggal 26 (kala)

Orang yang dilahirkan pada tanggal 26 memiliki sifat baik, jujur, menghormati orang lain, dan saleh/salehah. Kejadian yang berhubungan dengan tanggal 26 adalah Allah swt. membinasakan atau menenggelamkan Fir'aun. 

Tanggal 27 (ular) 

Orang yang lahir pada tanggal 27 memiliki sifat baik, jujur, amanah, dan saleh/salehah. Tidak ada kejadian penting yang berhubungan dengan tanggal 27. 

Tanggal 28 (padi) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 28 memiliki sifat baik, tutur kata dan perbuatannya terpuji, dan suka menolong. Tidak ada kejadian penting yang berhubungan dengan tanggal 28. 

Tanggal 29 (unta)

Orang yang dilahirkan pada tanggal 29 memiliki sifat jelek, durhaka, suka berbohong, dan tidak bertanggung jawab. Tidak ada kejadian penting yang berhubungan dengan tanggal 29.

Tanggal 30 (sada) 

Orang yang dilahirkan pada tanggal 30 memiliki sifat yang jelek, angkuh, dan miskin. Tidak ada kejadian penting yang berhubungan dengan tanggal 30. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Tanggal Lahir Menurut Jawa"