Arti dan Makna Melihat Komet (Lintang Kemukus)

Lintang kemukus atau lebih populer dengan sebutan komet bagi sebagian orang Jawa merupakan pertanda dari alam yang membawa pesan khusus. Pertanda tersebut diuraikan berdasarkan arah datangnya komet. Untuk lebih jelasnya maka akan diuraikan sebagai berikut: 


Utara 

Jika komet muncul dari arah utara maka itu pertanda buruk sebab para pemimpin negeri saling menjatuhkan dan orang-orang kecil menjadi korbannya sehingga mengakibatkan banyak kematian. Hal tersebut juga menandakan masyarakat mengalami banyak kesusahan, kemarau berkepanjangan, dan harga kebutuhan sehari-hari akan sangat mahal, hanya harga logam mulia yang kemungkinan harganya murah.

Selatan

Jika komet muncul dari arah selatan maka hal tersebut pertanda ada pemimpin yang wafat dan terjadi pertengkaran elite politik. Segi positifnya, mungkin harga kebutuhan sehari-hari murah, buah dan beras murah, hewan ternak juga murah. Akan tetapi, petani tetap sengsara dan tidak menikmati hasil jerih payahnya. 


Tenggara jika komet muncul dari arah tenggara

Hal tersebut menandakan banyak terjadi migrasi, hujan turun sedikit, penyakit mulai mewabah, dan harga kebutuhan sehari-hari mahal, kecuali harga binatang ternak yang cenderung murah. 

Timur 

Jika komet muncul dari arah timur maka hal tersebut menandakan para pemimpin negara sedang menghadapi masa-masa sulit karena masalah dalam negeri ataupun luar negeri. Masyarakat sedang kacau, tetapi harga bahan makanan murah, kecuali harga logam mulia yang melonjak tinggi. 






Timur Laut

Jika komet muncul dari arah timur laut maka hal tersebut menandakan akan terjadi perselisihan dan peperangan yang mengakibatkan banyak korban. Keadaan penduduk cukup memprihatinkan, harga bahan makanan cukup mahal, hanya binatang ternak yang harganya murah. 

Barat 

Jika komet muncul dari arah Barat maka hal tersebut pertanda akan ada pemimpin baru yang membawa masyarakat ke arah kemakmuran dan kebahagiaan sebab segala bidang akan berhasil dan harga kebutuhan sehari-hari murah. 

Barat Daya 

Jika komet muncul dari arah barat daya maka hal tersebut pertanda akan ada pergantian pemimpin, harga makanan dan kebutuhan sehari-hari menjadi murah, tetapi usaha di bidang peternakan akan menemui kendala sebab banyak binatang ternak mati.

Barat Laut 

Jika komet muncul dari barat laut maka hal itu menandakan adanya ketidakstabilan politik, saling berebut jabatan di antara elite politik, dan masyarakat kecil menjadi korbannya. Harga kebutuhan sehari-hari menjadi mahal, usaha peternakan menemui kegagalan, terjadi hujan disertai petir, dan terjadi gerhana. Hanya saja harga logam mulia kembali murah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti dan Makna Melihat Komet (Lintang Kemukus) "