Solo Batik Carnival

Solo Batik Carnival - Batik sebagai bagian dari budaya Jawa saat ini masih sangat kuat keberadaannya, tidak hanya sekedar pakaian semata, namun merupakan "uwoh pangolahing budi" leluhur Jawa. Batik dengan motif dan warnanya mengandung makna mendalam yang memberikan ajaran-ajaran kebaikan, yaitu sebuah tatanan dan tutunan dalam menjalani kehidupan.


Kekuatan visual motif batik, nampak sebagai keajaiban, sehingga batik layak disebut sebagai harta karun yang perlu dikembangkan dan dilestarikan agar batik layak disebut sebagai harta karun yang perlu dikembangkan dan dilestarikan agar batik tetap berjaya dan berkibar di jagad dunia dengan megahnya.

Eksplorasi motif-motif batik sebagai ide dasar dalam visual kostumnya harus dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek, mulai dari keindahan, keagungan dan kenyamanan, serta harus merupakan bagian dari pembangunan karakter bangsa Indonesia.

Menjadi acara yang tidak hanya memperkuat kota Solo sebagai kota budaya yang kreatif, namun juga menjadi event yang dapat meginspirasi masyarakat lewat karya yang ditampilkan dan melestarikan batik sebagai kekayaan budaya Indonesia pada umumnya dan Jawa pada khususnya, serta memperkenalkannya ke mancanegara.


Selain itu, dengan masuknya Solo Batik Carnival (SBC) sebagai salah satu agenda event kota Solo yang selalu diminati dan dinanti, diharapkan dapat memberikan efek domino untuk perekonomian kota Solo dan sekitarnya.

Solo Batik Carnaval (SBC) pertama kali diselenggarakan tahun 2008 yang diprakarsai oleh Solo Center Point. Dengan menggali potensi masyarakat untuk menjadi kreatif/designer busana Carnival dengan memanfaatkan Batik dan pemakaian barang daur ulang sebagai bahan dasar serta potensi masyarakat sebagai aktor.

Proses kemandirian dan keativitas tuntut dari setiap peserta melalui  pelatihan/workshop yang dibimbing oleh instruktur-instruktur yang berpengalaman dibidang designer, make up & hair do, koreografi, musik dan kepercayaan diri.


Mulai kurikulum yang sudah dipersiapkan dengan matang makan diharapkan setiap perserta dapat melalui proses dan akhirnya dapat menjadi kreator sekaligus aktor di dalam Solo Batik Carnival (SBC) 

Pergelaran Solo Batik Carnival 2017 mengusung tema Astamurti Kawijayan, yang berarti simbol kejayaan. Warga dan wisatawan di Solo akan disuguhi dengan kostum yang meriah dan unik saat karnaval digelar.

Ada lima tema kostum batik yang akan dipamerkan dalam acara puncak karnaval pada hari Sabtu (15/7/2017) mendatang. Warga Solo dan khususnya pecinta Solo Batik Carnival akan bisa kembali menyaksikan salah satu agenda tahun Kota Solo tersebut pada hari Jumat (15/7/2017).

Solo Batik Carnival (SBC) X 2017 akan diikuti sekitar 305 peserta. Setiap peserta akan menampilkan kostum batik sesuai dengan tema yang telah ditentukan penyelenggara. Art Director SBC X 2017, Ihsanudin Salam, menjelaskan bahwa kali ini ada enam sub tema untuk kostum peserta SBC.

"Tema utama Astamurti Kawijayan, dan ada enam sub tema yaitu Sekar Jagad, Wayang, Topeng Panji, Legenda, Mustika Jawa Dwipa dan Jatayu. Tema terakhir menjadi maskotnya," kata Ihsan saat jumpa pers SBC X pada Jumat (7/7/2017).

Sementara itu, rute karnival SBC X dipilih Jalan Bhayangkara-Jalan Slamet Riyadi-Benteng Vastenberg. Dari 305 peserta karnival, 80 peserta di antaranya merupakan tamu undangan dari Jember Fashion Carnival dan Cirebon Caruban Carnival. Rencananya, pembukaan akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

"Sebanyak 235 peserta karnival mengikuti proses workshop dan 80 dari dua kelompok tamu undangan. Selain itu, ada acara SBC Exhibition selama tiga hari di komplek Benteng Vastenberg, dari 14-16 Juli 2017," kata Susanto, Ketua Yayasan SBC.

Susanto juga mengapresiasi tema kostum SBC. "Kita sangat menghargai dan apresiasi rekan-rekan dalam mendesain kostum. Hasil desain tidak hanya digunakan di Solo, tetapi juga mendapat pesanan untuk beberapa acara karnival di kota lain," katanya.


Solo Batik Carnival 2017
SBC X "ASTAMURTI KAWIJAYAN"


EXHIBITION 
SOLO BATIK CARNIVAL 10
14, 15, 16 Juli 2017 di area Benteng Vastenburg, jam 11.00 -. 21.00 WIB

GRAND CARNIVAL SBC X
SOLO BATIK CARNIVAL 10 "ASTAMURTI KAWIJAYAN"
5 Juli 2017, mulai jam 13.00 WIB.
Rute: Jl Bhayangkara, Sriwedari -
Ngarsopuro - Halaman Benteng Vastenburg Solo.

Special Perfomances:

Jember Fashion Carnaval
Peni Chandra Rini
Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB)
Caruban Carnival
Miss Global Indonesia
Mister Teen International 2016
Mister Teen Jateng 2017
Solo Batik Carnival

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solo Batik Carnival "