Tabiat Manusia Berdasarkan Waktu Kelahiran Menurut Primbon Jawa

Tabiat Manusia Berdasarkan Waktu Kelahiran Menurut Primbon Jawa


Tabiat Manusia Berdasarkan Hari Kelahiran


Dalam perhitungan primbon dikatakan bahwa setiap hari memeliki watak atau tabiat atau sifat yang berbeda. Berdasarkan pernyataan itu maka dipastikan manusia yang memiliki hari kelahiran berbeda secara otomatis juga memiliki tabiat yang berbeda. Untuk menjelaskan masalah watak manusia berdasarkan hari kelahiran maka perhatikan penjelasan dibawah ini. 
  • Minggu : tabiatnya dipengaruhi oleh peredaran matahari sehingga sangat menonjol, berwibawa, dan memiliki rasa kasih yang besar.
  • Senin : tabiatnya dipengaruhi oleh peredaran bulan sehingga memiliki tabiat ikhlas hati, memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni, penegak kebenaran dan keadilan, serta gaya bicaranya lugas.
  • Selasa : tabiatnya dipengaruhi oleh peredaran api sehingga cenderung suka boros, suka berdusta, tidak mudah bergaul dan cepat bosan dengan pekerjaannya.
  • Rabu : taabiatnya dipengaruhi oleh peredaran bumi sehingga tabiat berani menanggung resiko, sangat baik terhadap orang lain, lugas dan tegas dalam perkataan dan perbuatan dan berkecukupan.
  • Kamis : tabiatnya dipengaruhi angin dan petir sehingga gaya bicaranya meledak-ledak, sulit bergaul, tidak ikhlas, jodohnya sering meninggal dahulu, temperamental, mudah tersanjung, dan gampang ditipu dengan kahalusan kata dan kahalusan tingkah laku seseorang.
  • Jumat : tabiatnya dipengaruhi oleh peredaran bintang sehingga suka berderma, halus budinya, bisa menjadi melarat, tempat berkeluh kesah, ikhlas hati, intelektualitasnya tinggi, cinta keluarga, dan mudah bergaul.
  • Sabtu : tabiatnya dipengaruhi oelh peredaran air sehingga memiliki tabiat pekerja keras, banyak musuh, sulit bergaul, banyak jalan, atau akal untuk bertahan hidup dan cekatan
Tabiat Manusia Berdasarkan Hari Pasaran

Perhitungan lain dikenal masyarakat Jawa untuk mengenali sifat orang yaitu berdasarkan hari pasaran ketika dilahirkan. Dalam perhitungan ini juga dijelaskan juga mengenai binatang yang cocok untuk masing-masing hari pasaran. Untuk lebih jelasnya maka perhatikan uraian di bawah ini.
  • Kliwon : memiliki sifat Wisa Marta Durjana. Penjelasan dari sifat tersebut yaitu memiliki sifat yang kompleks karena bisa baik bisa buruk, pandai bicara, dan pemaaf. Binatang peliharaan yang cocok adalah monyet dan anjing.
  • Legi : maka memiliki sifat Sumedhi, berarti jujur, ikhlas, bijak, cerdas, dan suka mengadakan perjamuan untuk orang lain. Binatang peliharaan yang cocok adalah kucing, tikus dan hamster.
  • Pahing : memiliki sifat Chendana yaitu memiliki sifat keinginan dan cita-cita yang tinggi, pandai menyimpan maksud dan suka dengan hal-hal baru. Binatang peliharaan yang  cocok adalah harimau dan kucing.
  • Pon : memiliki sifat Somahita yang berarti memiliki sifat mudah marah, pemberani, berbudi halus dan bijak. Binatang peliharaan yang cocok adalah kambing atau biri-biri.
  • Wage : memiliki sifat Prabuanom, yaitu sifatnya belum stabil, pemarah, seenaknya sendiri, sombong dan teguh pendirian. Binatang peliharaan yang  cocok adalah sapi dan lembu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tabiat Manusia Berdasarkan Waktu Kelahiran Menurut Primbon Jawa"