10 Negara dengan Pasukan Militer Terkuat di Dunia

Militer dianggap menjadi hal yang penting dari suatu negara dan keamanan suatu negara. Setiap tahunnya sejumlah dana yang besar dialokasikan untuk dana perang. Beberapa negara memiliki perhatian yang khusus untuk meningkatkan kemampuan di bidang militer. Jika kita coba untuk bandingkan negara-negara dengan militer terkuat, kita mungkin tidak dapat melakukan secara hipotesis. Tanpa bertujuan menilai berdasarkan ras, kita dapat mengukur kekuatan militer berdasarkan persenjataannya, teknologi tingkat lanjut yang diterapkan, latihan, kekuatan dan jumlah sekutu, ukuran jumlah tentara, dana yang dianggarkan dan lain-lain. Beberapa lembaga mencoba untuk merangking kekuatan militer suatu negara. berikut 10 Negara dengan pasukan militer terkuat di dunia :

1. The United States (Amerika Serikat)
pasukan amerika serikat

Amerika serikat menghabiskan dana sebesar 612,5 Milyar USD, lebih besar dari 9 negara lainnya dalam daftar 10 negara militer terkuat. Hal ini telah membuat Amerika memiliki jumlah pasukan dalam jumlah yang besar, lebih dari 1,4 Juta pasukan dan kedepannya akan menambahkan lagi 800.000 pasukan untuk melengkapi kekurangan pasukan darat. Kelebihan lainnya adalah Amerika merupakan produsen nomer satu penghasil pesawat terbang dan memiliki 7.500 titik peluncuran senjata nuklir, tidak heran kalau Ameriika Serikat menjadi no 1 pada Perang Dunia Ke 2.

2. Rusia
pasukan rusia

Anggaran militer negara Rusia mencapai 76,6 Milyar USD dan diharapkan akan meningkat sebesar 44% lebih dalam waktu tiga tahun kedepan. Selama pemerintahan Kremlin terdapat peningkatan menjadi urutan ke 3 sejak tahun 2008, terutama sekali pada pemarintahan Vladimir Putin yang memerintah pada tahun 2000. Militer Rusia menunjukkan pertumbuhan yang stabila sejak jatuhnya Uni Soviet dua dekade yang lalu. Rusia memiliki 766.000 pasukan garis depan dan 2,5 juta personel cadangan, walaupun pasukan Rusia hanya mendapatkan latihan menengah, namun pasukan tersebut mendapatkan dukungan 15.500 tank, menjadikan pasukan Rusia sebagai pasukan tank terbesar di dunia, walaupun sebagian tank dan perlengkapan lainnya telah berusia. Rusia juga memiliki 8.500 titik peluncuran senjata  nuklir yang masih aktif hingga saat ini.

3. Cina
militer cina

Anggaran pertahanan negara Cina mencapai 126 Milyar USD dan Negara Cina melakukan investasi yang besar dalam pertahanan, terdapat peningkatan anggaran 12,2% tiap tahunya. Cina memiliki jumlah pasukan yang sangat besar dengan 2.285 Juta pasukan garis depan dan 2,3 Juta pasukan cadangan, menjadikan negara Cina sebagai negara yang memiliki pasukan darat terbesar yang di dukung dengan 25.000 kendaraan tempur darat. Cina memiliki 2.800 pesawat tempur di kesatuan udaranya. Cina juga memiliki 300 senjata nuklir dengan 180 penerapan yang berbeda. Cina belakangan ini di ketahui memiliki informasi sensitif mengenai F-35 dan tercatat sebagai teknologi pencuri informasi yang canggih.

4. India
militer india

India telah memanfaatkan jumlah penduduknya yang besar untuk membangun pasukan sebesar 3,5 juta, termasuk 1,325 juta pasukan aktif. Jumlah pasukan yang besar manjadikan India sebagai salah satu negara dengan pasukan terkuat di dunia. Jumlah pasukan yang besar di dukung dengan 16.000 kendaraan tempur darat, termasuk 3.500 tank, 1.785 pesawat tempur dan senjata nuklir. Senjata balistik India dapat menjangkau seluruh wilayah Pakistan. Anggaran terakhir untuk militer India sekitar 46 Milyar USD, dan kedepannya akan ditingkatkan lagi untuk tujuan memodernisasi persenjataan dan menjadi Negara dengan anggaran militer ke 4 di tahun 2020. India merupakan importir senjata militer terbesar di dunia.

5. United Kingdom (Inggris)
militer inggris

Negara Inggris merupakan member dari European Union, memiliki rencana untuk menurunkan jumlah pasukan sebesar 20% antara tahun 2010 s.d tahun 2018 dan menerapkan pemotongan yang kecil untuk pasukan The Royal Navy dan RAF. Anggaran pertahanan Inggris mencapai 54 Milyar USD. Inggris memiliki pasukan biasa sekitar 205.000, dengan pasukan udara 908 pesawat tempur dan untuk angkatan laut hanya 66 kapal laut. Walaupun jumlah pasukan Inggris kecil, namun Inggris masih merupakan negara yang kuat, dengan latihan militer tingkat atas, perlengkapan dan 160 senjata nuklir yang menjati inti kekuatan Inggris. Pasukan The Royal Navy direncanakan akan melayani HMS Queen Elizabeth di tahun 2020 dan pesawat tempur direncanakan akan membawa 40 F-35B untuk bergabung dalam pasukan tempur dan berkeliling dunia. 

6. Francis 
militer francis

Francis mengikuti jejak jerman di tahun 2013 dengan melakukan pembekuan anggaran pertahanan dan melakukan pemotongan anggaran sebesar 10% untuk meningkatkan teknologi militer. Anggaran militer francis mencapai 43 Milyar USD per tahun. dimana merupakan 1,9% dari GDP negara Francis, dibawah target NATO. Lebih dari 220.000 pasukan biasa dan 500.000 pasukan cadangan. Francis memiliki lebih dari 1.000 pesawat tempur, dan 9.000 kendaraan tempur darat, walaupun tidak menjadikan Francis sebagai negara dengan pasukan yang tidak terkalahkan. Dengan 290 senjata nuklir dan penempatan yang significan memperkuat posisi negara Francis di EU dan UN. 

7. Jerman
militer jerman

Jerman merupakan salah satu ekonomi terkuat di dunia, tetapi Jerman hanya menganggarkan 45 Juta USD untuk anggaran pertahanan setiap tahunnya. Kondisi militer jerman sepertinya mengalami pemburukan dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini mungkin dikarenakan generasi yang tumbuh saat ini antara tahun 1950 s.d 1960-an, tidak menyukai adanya perang dan kekejaman dari adanya perang. Kekhawatiran dikalahkan oleh negara lain tidak mendorong warga jerman untuk masuk ke dalam militer. Di tahun 2011, undang-undang yang mewajibkan warga negara untuk bergabung dalam militer sudah dicabut untuk menghindari neraga jerman menjadi negara militer. Jerman hanya memiliki 183.000 pasukan garis depan dan 145.000 pasukan cadangan. Jerman memiliki 710 pesawat tempur dan 5.000 alat perang darat berbagai jenis.

8. Turki
militer turki

Turki berbatasan dengan negara Islam yang memiliki kehadiran yang kuat, seperti Siria dan organisasi separatis Kurdis. Hal ini yang membuat Turki sadar untuk mempersiapkan diri jika konflik terjadi. Turki meningkatkan anggaran pertahanan pada tahun 2015 sebesar 10%. Anggaran pertahanan Turki 18,18 Milyar USD. Jumlah pasuka Turki 660.000, memiliki 1.000 pesawat tempur dan 16.000 alat perang darat.

9. Korea Selatan
militer korea selatan

Korea Selatan berbatasan langsung dengan Korea Utara yang memiliki kekuatan militer yang luar biasa, merupakan ancaman bagi negara Korea Selatan. Namun ancaman dari negara tetangganya bukanlan salah satu ancaman bagi Korea Selatan. Peningkatan persenjataan dari Jepang dan Cina juga merupakan ancaman. Korea Selatan telah meningkatkan anggaran pertahanannya menjadi 34.000 Milyar USD. Memiliki pasukan tempur lebih dari 640.000 pasukan garis depan dan 2.900.000 pasukan cadangan. Memiliki 1.393 pesawat tempur dan 166 pesawat kecil. Memiliki sekitar 15.000 senjata darat termasuk roket, 2.346 tank dan Korea Selatan melakukan latihan rutin dengan negara Amerika Serikat.

10. Jepang
militer jepang

Jepang merupakan tanah kelahiran dari Samurai dan salah satu negara pemimpin dalam Perang Dunia Kedua. Setelah Pakta Damai pada akhir Perang Dunia Kedua, melarang Jepang untuk memiliki pasukan. Menjawab kekhawatiran negara Jepang dengan berkembangnya militer Cina, Jepang memulai untuk membangun kekuatan militernya, setelah 40 tahun tidak memiliki militer. Jepang memulai dengan membangun markas baru di gugusan pulau paling depan. Hal ini meningkatkan anggaran pertahanan militer jepang untuk pertama kalinya selama 11 tahun terakhir, menjadi 49,1 Milyar USD. Jepang memiliki lebih dari 247.000 pasukan biasa dan 60.000 pasukan cadangan. Memiliki 1.595 pesawat tempur, yang merupakan urutan ke 5 dengan jumlah pesawat tempur terbesar di dunia. Jepang juga memiliki 131 kapal perang.

Walaupun anggaran pertahanan, pasukan, angkatan udara, angkatan laut, dll, seluruhnya membantu dalam menentukan kekuatan militer tertinggi suatu negara. Negara terkuat sebenarnya adalah negara yang merupakan ancaman terbesar bagi keamanan global. Negara-negara ini menjadi kelas berat bagi hubungan global. Amerika Serikat memiliki kekuatan militer yang luar biasa dalam waktu yang cukup lama, Negara Rusia dan Cina merupakan negara yang cukup dipertimbangkan selain Amerika Serikat. Ketiga negara ini merupakan yang terkuat di dunia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Negara dengan Pasukan Militer Terkuat di Dunia"