Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)

Cukup menarik membaca dan mempelajari mengenai tokoh-tokoh penemu Eropa dan Amerika, dari kisah-kisah tersebut kita dapat  mengambil pembelajaran dan mencoba menghargai jasa temuan-temuan yang hingga saat ini manfaatnya masih bisa kita rasakan. Berikut kami rangkum 26 tokoh-tokoh penemu eropa dan amerika tersebut, selamat membaca.  

1.        Penemu mesin uap adalah James Watt dari Inggris

Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)
James Watt
James Watt (lahir di Greenock, Skotlandia, 19 Januari 1736 – meninggal di Birmingham, Inggris, 19 Agustus 1819 pada umur 83 tahun) ialah seorang insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya. Pada awalnya ia tertarik dengan mesin uap karena memperhatikan mesin uap buatan Newcome yang kurang efisien. Lalu ia terus melakukan beberapa percobaan & penelitian. Ia berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien. Ternyata mesin uap ini merupakan salah satu kekuatan yang mendorong terjadinya Revolusi Industri, khususnya di Britania dan Eropa pada umumnya. Untuk menghargai jasanya, nama belakangnya yaitu watt digunakan sebagai nama satuan daya, misalnya daya mesin dan daya listrik.


2.        Penemu mesin 4 tak adalah Nicolaus August Otto dari Jerman

Nicolaus August Otto
Nicolaus August Otto
Nicolaus August Otto (14 Juni 1832  28 Januari 1891) ialah penemu mesin pembakaran dalam asal Jerman. Sebagai lelaki muda ia mulai percobaan dengan mesin gas dan pada 1864 ikut serta dengan 2 kawan untuk membentuk perusahaannya sendiri. Perusahaan itu dinamai N. A. Otto & Cie., yang merupakan perusahaan pertama yang menghasilkan mesin pembakaran dalam. Perusahaan ini masih ada sampai kini dengan nama Deutz AG.
Mesin atmosfer pertamanya selesai pada Mei 1867. 5 tahun kemudian ia disusul oleh Gottlieb Daimlerdan Wilhelm Maybach dan bersama mereka ciptakan gagasan putaran empat tak atau putaran Otto.
Pertama kali dibuat pada 1876, tak itu merupakan gerakan naik atau turun pada piston silinder. Paten Otto dibuat tak berlaku pada 1886 saat ditemukan bahwa penemu lain, Alphonse Beau de Rochas, telah membuat asas putaran 4 tak dalam selebaran yang diterbitkan sendirian. Menurut studi sejarah terkini, penemu Italia Eugenio Barsanti dan Felice Matteucci mempatenkan versi efisien karya pertama dari mesin pembakaran dalam pada 1854 di London (nomor paten 1072). Mesin Otto dalam banyak hal paling tidak diilhami dari penemuan itu.

3.        Penemu mesin diesel adalah Rudolf Diesel dari Jerman

Rudolf Diesel dari Jerman
Rudolf Diesel
Rudolf Christian Karl Diesel Diesel (lahir di Paris, Perancis, 18 Maret 1858 – meninggal 30 September 1913 pada umur 55 tahun) adalah seorang penemu Jerman, terkenal akan penemuannya, mesin diesel, Dia lahir di Paris dan meninggal secara misterius di kapal fery dalam perjalanannya ke Inggris.
Diesel mengembangkan ide sebuah mesin pemicu kompresi pada dekade terakhir abad ke-19 dan menerima hak paten untuk alat tersebut pada 23 Februari 1893. Dia membangun prototipe yang berfungsi pada awal 1897 ketika bekerja di pabrik MAN di Augsburg.
Mesin Diesel ini pun dinamakan untuk menghormati jasanya. Aslinya, ia bernama "mesin minyak".

4.        Penemu mesin cetak adalah Johannes Guttenberg dari Jerman

Johannes Guttenberg dari Jerman
Johannes Guttenberg
Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg (sekitar 1398 - 3 Februari 1468) adalah seorang pandai logam dan penemu berkebangsaan Jerman yang memperoleh ketenaran berkat sumbangannya di bidang teknologi percetakan pada tahun 1450-an, termasuk aloy logam huruf (type metal) dan tinta berbasis-minyak, cetakan untuk mencetak huruf secara tepat, dan sejenis mesin cetak baru yang berdasarkan pencetak yang digunakan dalam membuat anggur.
Tradisi menjulukinya sebagai penemu movable type di Eropa, suatu perbaikan sistem pencetakan blok yang sudah digunakan di wilayah tersebut. Dengan mengombinasikan unsur-unsur ini dalam suatu sistem produksi, ia memungkinkan terjadinya pencetakan materi tertulis secara cepat, serta terjadinya ledakan informasi di Eropa Renaisans.
Karya utamanya, Alkitab Gutenberg (juga dikenal sebagai Alkitab 42 baris), telah diakui memiliki estetika dan kualitas teknikal yang tinggi.

5.        Penemu mesin ketik adalah Christopher Sholes dari Amerika

Christopher Sholes dari Amerika
Johannes Guttenberg






Pada tahun 1865, Rev. Rasmus Malling-Hansen menciptakan "Hansen Writing Ball", yang kemudian menjadi mesin ketik pertama yang dijual secara komersil pada tahun 1870. Berdasarkan penjelasan pada buku “Who is The Inventor of The Writing Ball” pada tahun 1865, papan ketik yang digunakan dalam mesin ketik ini terbuat dari keramik. Dalam proses penetapan standar papan ketik tersebut terjadi beberapa tahap eksperimen dalam penempatan tombol-tombol huruf yang berbeda. Eksperimen terhadap penempatan tombol-tombol ini bertujuan untuk mencapai kecepatan menulis yang paling tinggi. Hal ini menyebabkan Hansen Witing Ball merupakan mesin ketik pertama yang dapat memproduksi teks lebih cepat daripada menulis dengan tangan secara manual. Eksperimen terhadap mesin ketik yang ciciptakan oleh Malling-Hansen ini tetap mengalami perkembangan sejak tahun 1870 sampai sekitar tahun 1880.
Mesin ketik pertama kali yang sukses secara komersil diciptakan oleh C. Latham Sholes, Carlos Glidden dan Samuel W. Soule pada tahun 1867. Penemuan ini kemudian memperoleh hak paten dan dibeli oleh E. Remington and Sons, sebuah perusahaan manufaktur.
Walaupun demikian, mesin ini pada awalnya masih memiliki beberapa kekurangan antara lain juru tulis tidak dapat melihat hasil ketikan secara langsung dan adanya kesulitan akan penempatan tuts yang digunakan untuk kembali pada posisi semula. Hal ini kemudian dapat diatasi dengan munculnya “visible typewriters” seperti mesin ketik Oliver pada tahun 1895.

6.        Penemu radio adalah G. Marconi dari Italia

G. Marconi dari Italia
G. Marconi
Guglielmo Marconi (lahir 25 April 1874 – meninggal 20 Juli 1937 pada umur 63 tahun) adalah seorang insinyur listrik Italia dan peraih hadiah Nobel, terkenal setelah mengembangkan suatu sistem telegrafi tanpa kabel yang dikenal sebagai "radio". Ia menerimanya bersama Karl Braun tahun 1909.

7.        Penemu televisi adalah John Logie Baird dari Inggris

John Logie Baird dari Inggris
John Logie Baird
John Logie Baird (lahir di Helensburgh, Skotlandia, 13 Agustus 1888 – meninggal di Bexhill-on-Sea, East Sussex, Inggris, 14 Juni 1946 pada umur 57 tahun) adalah penemu yang pertama kali menunjukkan bahwa citra visual bergerak dapat ditransmisikan pada perangkat televisi. Ia juga dikenal sebagai pioner utama dalam sejarah penemuan televisi berwarna.
Hingga ia berusia 35 tahun, Baird hidup dalam kondisi serba kekurangan. Pada tahun 1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio. Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa-kabel ke pesawat penerima yang berjarak beberapa meter. Pada Januari 1925 dia mendemonstrasikan karya temuannya, televisi di depan umum di Royal Institute di London. Ini adalah peragaan televisi paling awal.
Pada tahun 1929, saluran BBC (British Broadcasting Corporation) melakukan siaran televisi perdana, menggunakan peralatan karya Baird.
Namun ketika itu ia belum memanfaatkan penggunaan tabung sinar-Katode, yang menjadi dasar televisi modern. Sehingga sistem buatannya kalah bersaing dengan sistem baru pada tahun 1933.

8.        Penemu telegrap Samuel Finley Breese Morse  dari Amerika Serikat

 Samuel Finley Breese Morse  dari Amerika Serikat
Samuel Finley Breese Morse 
Samuel Finley Breese Morse (lahir di Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat, 27 April 1791 – meninggal di New York City, New York, Amerika Serikat, 2 April 1872 pada umur 80 tahun) adalah seorang penemu asal Amerika Serikat. Morse juga pelukis, namun ia lebih terkenal atas penemuan telegraf listrik. Bersama dengan asistennya Alexander Bain ia menciptakan alfabet khusus untuk digunakan di telegraf, yang disebut kode Morse.
Ia mendapat ilham untuk membuat telegrafi elektrik ketika melihat seorang penumpang di kapal yang ia tumpangi memperagakan elektromagnet. Morse memproduksi telegraf listrik pertama yang berguna pada tahun 1835. Pada tahun 1843 ia memperoleh 30.000 dolar Amerika dari Kongres untuk jalur eksperimen dari Washington, D.C. ke Baltimore dan pada tanggal 24 Mei 1844 ia mengirimkan pesan pertama melalui telegrafi Amerika, dari Washington ke Baltimore, dengan kode Morse: "What hath God wrought", kata-kata dalam pesan itu adalah, "Apakah yang telah Tuhan tulis?"
Morse hidup sampai usia lanjut. Ia sempat menyaksikan saluran telegraf dipasang di seluruh bagian dunia termasuk kabel-kabel bawah laut. Pada ulang tahunnya yang ke delapan puluh. Sebuah patung dirinya diresmikan di Central Park, New York sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Setahun setelah itu ia meninggal.

9.        Penemu piringan hitam dan Telepon (versi lama) adalah Alexander Graham Bell dari Amerika Serikat

Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)
Alexander Graham Bell
Alexander Graham Bell (lahir di Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya, 3 Maret 1847 – meninggal di Beinn Bhreagh, Nova Scotia, Kanada, 2 Agustus 1922 pada umur 75 tahun) adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell. Selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi, ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofoil.
Bell umumnya dikenal sebagai penemu telepon tahun 1876 di Amerika Serikat, tetapi menurut Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci-lah yang menemukan telepon. Walaupun Alexander Graham Bell penemu telepon, dia tidak pernah menelepon istri dan ibunya karena mereka tunarungu

10.    Penemu telepon (versi baru) adalah Antonio Meucci dari Italia

Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)
Antonio Meucci 
Antonio Santi Giuseppe Meucci (lahir di San Frediano, 13 April 1808 – meninggal 18 Oktober 1889 pada umur 81 tahun) adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang penemuannya merupakan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial yaitu telepon.
Umumnya penemu telepon yang lebih dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell, tetapi sepertinya sejarah harus ditulis ulang karena adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871.

11.    Penemu dinamo adalah Michael Faraday dari Inggris

Michael Faraday dari Inggris
Michael Faraday
Michael Faraday (lahir di Newington Butts, Inggris, 22 September 1791 – meninggal di Pengadilan Hampton, Middlesex, Inggris, 25 Agustus 1867 pada umur 75 tahun) ialah ilmuwan Inggris yang mendapat julukan "Bapak Listrik", karena berkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak gunanya. Ia mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk elektromagnetisme dan elektrokimia. Dia juga menemukan alat yang nantinya menjadi pembakar Bunsen, yang digunakan hampir di seluruh laboratorium sains sebagai sumber panas yang praktis.
Efek magnetisme menuntunnya menemukan ide-ide yang menjadi dasar teori medan magnet. Ia banyak memberi ceramah untuk memopulerkan ilmu pengetahuan pada masyarakat umum. Pendekatan rasionalnya dalam mengembangkan teori dan menganalisis hasilnya amat mengagumkan.

12.    Penemu elektromagnet adalah Williarn Sturgeon dari Inggris

Williarn Sturgeon dari Inggris
Williarn Sturgeon
William Sturgeon. William Sturgeon berkebangsaan Inggris, yang lahir pada 22 Mei 1783 di Whittington. Elektromagnetik ditemukan oleh Sturgeon pada tahun 1823. Sturgeon menjadi tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang alam. Ia banyak melakukan percobaan dengan menggunakan layang-layang yang diterbangkan untuk menerima sengatan listrik yang berasal dari petir. 

13.    Penemu proyektor film dan Bola Lampu adalah Thomas Alva Edison dari Amerika Serikat

Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)
Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison (lahir 11 Februari 1847 – meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun) adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting. Si Penyihir Menlo Park ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan.
Ia lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1847. Pada masa kecilnya di Amerika Serikat,Edison selalu mendapat nilai buruk di sekolahnya. Oleh karena itu ibunya memberhentikannya dari sekolah dan mengajar sendiri di rumah. Di rumah dengan leluasa Edison kecil dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri. Pada Usia 12 tahun ia mulai bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan gula-gula di kereta api. Kemudian ia menjadi operator telegraf, Ia pindah dari satu kota ke kota lain. Di New York ia diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf yang penting. Mesin-mesin itu mengirimkan berita bisnis ke seluruh perusahaan terkemuka di New York.






14.    Penemu batu baterai adalah Volta dari Italia

Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)
Volta 
Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta (lahir di Como, Tanah Milik Duke Milan, (kini Italia), 18 Februari 1745 – meninggal di Como, Lombardi-Venetia, (kini Italia), 5 Maret 1827 pada umur 82 tahun) adalah seorang fisikawan Italia. Ia terutama dikenal karena mengembangkan baterai pada tahun 1800.
Ia melanjutkan pekerjaan Luigi Galvani dan membuktikan bahwa teori Galvani yaitu efek kejutan kaki kodok adalah salah. Secara fakta, efek ini muncul akibat 2 logam tak sejenis dari pisau bedah Galvani. Berdasarkan pendapat ini, Volta berhasil menciptakan "Baterai Volta" (Voltac Pile). Atas jasanya, satuan beda potensial listrik dinamakan volt.

15.    Penemu Termometer adalah Galileo Galilei dari Italia

Penemu Termometer adalah Galileo Galilei dari Italia
Galileo Galilei
Galileo Galilei (lahir di Pisa, Toscana, 15 Februari 1564 – meninggal di Arcetri, Toscana, 8 Januari 1642 pada umur 77 tahun) adalah seorang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah.Sumbangannya dalam keilmuan antara lain adalah penyempurnaan teleskop, berbagai pengamatan astronomi, dan hukum gerak pertama dan kedua (dinamika). Selain itu, Galileo juga dikenal sebagai seorang pendukung Copernicus mengenai peredaran bumi adalah bulat mengelilingi matahari dan matahari sebagai sistem tatasurya.

16.    Penemu Korek api adalah Robert Boyle, John Walker

Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)
Robert Boyle
Korek api yang dinyalakan dengan digesek pertama kali ditemukan oleh kimiawan Inggris John Walker tahun 1827. Penemuan tersebut diawali oleh Robert Boyle tahun 1680-an dengan campuran fosfor dan belerang, tetapi usahanya pada waktu itu belum mencapai hasil yang memuaskan. Walker menemukan campuran antimon (III) sulfida, potasium klorat, natural gum, dan pati dapat dinyalakan dengan menggesekkannya pada permukaan kasar.

17.    Penemu Kapal api adalah Robert Fulton dari Amerika Serikat

Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)
Robert Fulton
Robert Fulton adalah seorang insinyur yang lahir pada 14 November 1765, di Amerika Serikat. Fulton menemukan kapal api pada tahun 1807. Fulton mulai tertarik dengan kapal uap sejak tahun 1777, saat ia sedang mengunjungi William Henry yang pernah belajar tentang mesin uap James Watt. Pada tahun 1767 mencoba membuat sebuah mesin ciptaannya sendiri dan mencoba meletakkan mesin tersebut disebuah perahu.

18.    Penemu Kapal selam adalah Cornelius van Drebbel dari Belanda

 Penemu Kapal selam adalah Cornelius van Drebbel dari Belanda
Cornelius van Drebbel
Cornelius van Drebbel dilahirkan di Alkamar Belanda pada tahun 1572. Pada awalnya yang telah membuat sketsa kapal selam adalah Leonardo da Vinci pada tahun 1452 sampai dengan 1519, namun yang berhasil membangun kapal selam tersebut adalah Cornelius van Drebbel pada tahun 1620.

19.    Penemu Sinar Rontgen adalah Wilhelm Conrad Rontgen dari Jerman

Penemu Sinar Rontgen adalah Wilhelm Conrad Rontgen dari Jerman
Wilhelm Conrad Rontgen
Wilhelm Conrad Röntgen (27 Maret 1845  10 Februari 1923) ialah fisikawan Jerman yang merupakan penerima pertama Penghargaan Nobel dalam Fisika, pada tahun 1901, untuk penemuannya pada sinar-X, yang menandai dimulainya zaman fisika modern dan merevolusi kedokteran diagnostik.
Rontgen belajar di ETH Zurich dan kemudian guru besar fisika di Universitas Strasbourg (1876-79), Giessen (1879-88), Wurzburg(1888-1900), dan Munich (1900-20). Penelitiannya juga termasuk karya pada elastisitas, gerak pipa rambut pada fluida, panas gas tertentu, konduksi panas pada kristal, penyerapan panas oleh gas, dan piezoelektrisitas.
Pada 1895, saat mengadakan percobaan dengan aliran arus listrik dan tabung gelas yang dikosongkan sebagian (tabung sinar katode), Rontgen mengamati bahwa potongan barium platinosianida yang berdekatan melepaskan sinar saat tabung itu dioperasikan. Ia merumuskan teori bahwa saat sinar katode (elektron) menembus dinding gelas tabung, beberapa radiasi yang tak diketahui terbentuk yang melintasi ruangan, menembus bahan kimia, dan menyebabkan fluoresensi. Pengamatan lebih lanjut mengungkapkan bahwa kertas, kayu, dan aluminum, di antara bahan lain, transparan pada bentuk baru radiasi ini. Ia menemukan bahwa itu memengaruhi plat fotografi, dan, sejak tidak secara nyata menunjukkan beberapa sifat cahaya, seperti refleksi atau refraksi, secara salah ia berpikir bahwa sinar itu tak berhubungan pada cahaya. Dalam pandangan pada sifat tak pasti itu, ia menyebut fenomena radiasi X, walau juga dikenal sebagai radiasi Rontgen. Ia mengambil fotografi sinar-X pertama, dari bagian dalam objek logam dan tulang tangan istrinya.

20.    Penemu Stetoskop adalah Rene Laennec 

Penemu Stetoskop adalah Rene Laennec
Rene Laennec
Stetoskop ditemukan di Perancis pada 1816 oleh René-Théophile-Hyacinthe Laennec. Dia terdiri dari tabung kayu kosong. Konon dia menciptakan stetoskop sehingga ia tidak perlu menaruh telinganya di buah dada wanita Perancis. Tidak jelas apakah Laennec mencoba menghindarinya, atau untuk menghindari rasa malu pasien. Namun begitu, orang mengatakan bahwa "Kebutuhan adalah ibu dari penemuan".
Stetoskop (bahasa Yunani: stethos, dada dan skopeein, memeriksa) adalah sebuah alat medis akustik untuk memeriksa suara dalam tubuh. Dia banyak digunakan untuk mendengar suara jantung dan pernapasan, meskipun dia juga digunakan untuk mendengar intestine dan aliran darah dalam arteri dan "vein".






21.    Penemu Lensa adalah Anthony Van Leuwenhook dari Belanda

Penemu Lensa adalah Anthony Van Leuwenhook dari Belanda
Anthony Van Leuwenhook
Anthony Van Leuwenhook adalah penemu serta pedagang berkebangsaan Belanda, ia lahir di Delft, Belanda , pada 24 Oktober 1632. Anthony disebut sebagai “ Bapak Mikrobiologi” karena menjadi orang pertama yang menekuni ilmu mikrobiologi. Anthony dibesarkan di Delft, kota kelahirannya.
Anthony menggosokkan lensa yang memiliki ukuran kecil, sehingga ia mampu menghasilkan mikroskop yang memiliki daya kekuatan pengamatan yang lebih baik di banding dengan mikroskop yang telah ada sebelumnya. Mikroskop temuannya dilengkapi dengan lensa yang memiliki kapasitas membesarkan hingga 270 kali.
Penemuan tersebut menandakan bila ia berhasil menemukan mikroskop yang lebih sempurna. Anthony telah berhasil membuat lebih dari 500 lensa optik dan menciptakan lebih dari 25 mikroskop dengan jenis yang berbeda-beda, namun yang mampu bertahan hanya Sembilan jenis saja. Mikroskop buatan Anthony terbuat dari frame perak atau tembaga dengan menggunakan lensa buatan tangan. Ia mampu mampu membuat pembesaran hingga mencapai 275 kali. Kemungkinan Anthony memiliki mikroskop yang mampu memperbesar hingga 500 kali.

22.    Penemu Mikroskop adalah Zacharias Janssen dari Belanda

Penemu Mikroskop adalah Zacharias Janssen dari Belanda
Zacharias Janssen
Zacharias Janssen dilahirkan pada tahun 1580 di negara Kincir Angin, Belanda, dan meninggal dunia pada usia 58 tahun atau tepatnya pada tahun 1638. merupakan seorang ilmuwan yang berasal dari Belanda. Penemuannya yang paling terkenal yaitu mikroskoppertama yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat kecil ukurannya dan sulit dijangkau bila menggunakan mata telanjang. Penemuan mikroskop ini memberikan pengaruh besar pada perkembangan ilmu pengetahuan dan tidak sedikit penemuan-penemuan besar yang sangat bermanfaat bagi peradaban dunia diteliti dengan menggunakan mikroskop.

23.    Penemu Kamera adalah Louis Jacques Monde da Guerre & Edwin Land dari Amerika

Penemu Kamera adalah Louis Jacques Monde da Guerre & Edwin Land dari Amerika
Louis Jacques Monde da Guerre
Louis Jacques Monde da Guerre lahir di Perancis, pada 18 November 1787. Louis adalah seorang seniman dan kimiawan berkebangsaan Perancis. Semasa muda Louis bergelut di bidang seni. Ia mulai terkenal sejak penemuannya tentang proses fotografi Daguerreotype.
Pada tahun 1827 louis bertemu dengan Joseph Nicephore Niepce yang sedang membuat kamera dengan karya foto pertama pada tahun 1826, namun gambarnya masih kabur. Louis mengadakan kerjasama pada tahun 1829 untuk mengembangkan kamera, namun pada tahun 1833 Niepce meninggal dunia. Ia berhasil menciptakan sistem praktis fotografi yang diberi nama daguerreotype.
Kamera dari tahun ke tahun terus menerus mengalami perkembangan seiring dengan makin canggihnya teknologi. Dulu ketika pertama kali ditemukan bentuk kamera yang berfungsi untuk menangkap dan menghasilkan gambar ini ukurannya masih sangat besar dan masih sulit untuk dioperasikan namun seiring dengan perkembangan zaman, model kamera sekarang ini bentuknya makin canggih dan ada yang besar dan juga kecil serta sangat mudah untuk digunakan. Kali ini kita akan membahas tentang sejarah penemuan kamera serta profil dan Penemu Kamera yaitu Louis Jacques Monde Da Guerre dan Edwin Land. 

24.    Penemu Kereta api adalah Murdocks dari Inggris

Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)
Murdocks
Kereta api ditemukan pada tahun 1784 oleh William Murdocks, seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris, lahir pada 21 Agustus 1754 di Lugar, Skotlandia.
Pada awalnya kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang terdiri dari satu rangkaian kereta saja, sehingga di buat kereta kuda yang dapat menarik beberapa rangkaian kereta. Kereta ini sangat dibutuhkan untuk mengangkut bahan tambang, sehingga kereta ini khusus dioperasikan di daerah pertambangan. Supaya dapat meringankan beban yang diangkut, maka kereta kuda ini berjalan dijalur yang dibuat khusus dari besi dan dinamai trem.

25.    Penemu Mobil adalah Gottlich Daimler

Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)
Gottlich Daimler
Gottlieb Wilhelm Daimler (terlahir Däumler, 17 Maret 1834  6 Maret 1900) dikenal sebagai seorang penemu dan pionir di bidang otomotif Jerman. Pada tahun 1890 ia berhasil mengembangkan mesin pembakaran internal, dan pada tahun 1883 Daimler menciptakan mesin yang bertenaga bensin, dan mematenkan mesin empat tak. Daimler membuat mobil pertama (bersama dengan Carl Friedrich Benz).
Pada tahun 1890, ia mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Dua puluh empat tahun tahun setelah kematian Daimler, manajemen DMG menandatangani persetujuan kooperatif jangka panjang dengan Benz & Cie. milik Carl Benz, dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu bergabung untuk membentuk Daimler-Benz AG, yang kini bagian Daimler AG.

26.    Penemu Motor adalah Nikola Tesla

Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)
Nikola Tesla
Nikola Tesla (bahasa Serbia: Никола Тесла; 10 Juli 1856 – 7 Januari 1943) adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Serbia-Amerika.
Tesla dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan merupakan salah seorang teknisi terbesar dalam akhir abad ke-19 dan abad ke-20. Tesla merupakan seorang perintis elektromekanik, tanpa kabel, dan daya listrik. Ia berketurunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada 1891 selagi bekerja di negara tersebut.

27.    Penemu Tank adalah Sir Ernest Swinton dari Inggris

Penemu Tank adalah Sir Ernest Swinton dari Inggris
Sir Ernest Swinton
Mayor Jenderal Sir Ernest Dunlop Swinton, KBE, CB, DSO (21 Oktober 1868 - 15 Januari 1951) adalah seorang perwira Angkatan Darat Inggris yang aktif dalam pengembangan dan adopsi dari Tank selama Perang Dunia Pertama. Dia juga seorang koresponden perang dan penulis beberapa karya alegoris fiksi tema militer, termasuk sebuah buku lastingly berpengaruh pada taktik dan praktik yang baik.

28.    Penemu Traktor adalah Benyamin Holt


Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)
Benyamin Holt
Benjamin Leroy Holt (1 Januari 1849 - 5 Desember 1920) adalah seorang penemu traktor dari Amerika. karyanya yang dipatenkan dan diproduksi pertama yaitu traktor praktis jenis crawler. Lalu berkembang ke jenis track yang digunakan untuk kendaraan pertanian dan menciptakan traktoryang tidak mudah tenggelam di tanah lunak. Beliau beserta saudara-saudaranya akhirnya mendirikan perusahaan manufacturing yang disebut Holt Manufacturing Company.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tokoh-Tokoh Penemu dari Eropa dan Amerika (Dunia)"

catur rizaldianto said...

Terima kasih atas informasinya...semoga sukses
http://grosirsponmandi.klikspo.com/

Gun Gun said...

sama-sama mas...