Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Pepaya memiliki nama ilmiah Carica Papaya, jenis tumbuhan genus carica yang tumbuh dengan subur pada daerah beriklim tropis. Diperkirakan berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Serikat bagian Utara, penyebarannya sudah mencakup seluruh dunia. Buah pepaya biasa dikonsumsi oleh masyarakat dikarenakan harganya yang relatif murah dan budidayanya yang mudah. Pepaya banyak mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Pohon Pepaya

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology, makan tiga porsi atau lebih dari satu buah pepaya per hari dapat menurunkan risiko yang berkaitan dengan usia yaitu degenerasi makula (ARMD), seperti kehilangan penglihatan pada orang dewasa dan berbagai penyakit lainnya terkait dengan usia. Berikut beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam pepaya : Vitamin A, Vitamin B Komplek, Vitamin C, Niacin, Kalsium, Riboflavin, Kalori, Zat Besi, Fospor, Kalium, Karbohidrat, Lemak, Betakarotin dan Protein.

Kandungan nutrisi yang beraneka ragam, membuat tanaman ini sangat digemari, dikarenakan khasiat untuk pengobatan dan kecantikan yang terkandung dalam pohon pepaya, baik di daun, batang, buah, bahkan sampai ke biji pepaya sangat, berikut kami sampaikan beberapa manfaat yang terkandung dalam pepaya dan biasa dipergunakan sebagai obat maupun untuk kecantikan kulit :

1. Kesehatan Kulit

Pepaya mempunyai peran aktif dibidang kecantikan maupun kesehatan, salah satunya untuk memperbaiki permukaan kulit menjadi lebih lembab dan mencerahkan serta menyegarkan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A, C, E dan Betakarotin.
Pertama Sebagai Pembersih : Enzim pada buah pepaya dapat membunuh bakteri pada wajah, untuk mendapatkan hasil yang masimal, campurakan  buah pepaya yang sudah dihaluskan dengan yoghurt, lalu pergunakan sebagai musker wajah.
Kedua Sebagai Pemutih Wajah : Pepaya juga bisa digunakan untuk obat alami pemutih wajah. Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperoleh wajah yang putih dan bersih. Cukup dengan menjadikan musker, campuran buah pepaya yang telah dihancurkan dengan gel lidah buaya.

2. Membesarkan Alat Vital Pria

Kandungan enzim arginine yang tersimpan dalam buah pepaya dapat mendongkrak aliran darah pada areal Mr. P dan meningkatkan produksi asam nitrat dalam tubuh untuk merileksasikan otot-otot di sekitar pembuluh darah, alhasil Mr.P akan membesar dalam waktu yang signifikan seiring banyaknya enzim arganine yang masuk ke dalam tubuh.

3. Mengoptimalkan Fungsi Pencernaan/Sembelit

Hal ini dikarenakan pepaya memiliki kandungan enzim papain dan serat yang tinggi yang mampu diserap dengan sempurna oleh sistem pencernaan tubuh. Sementara kandungan antioksidannya mampu membersihkan sisa makanan pada usus dan membuangnya melalui saluran pembuangan. Penelitian menjelaskan mengkonsumsi pepaya secara rutin akan membuat tubuh kita terbebas dari berbagai parasit yang bisa menyebabkan masalah pencernaan pada usus. Hal ini berarti, pepaya dapat berfungsi sebagai detoksifikasi alami pada tubuh manusia.

4. Meminimalisir Resiko Mata Rusak

Pepaya adalah buah yang baik untuk mata karena mengandung Vit A, Vit C, Vit E dan juga mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin yang memberikan perlindungan terhadap cahaya yang dapat merusak retina mata Anda. Buah pepaya juga melindungi terhadap katarak, glaukoma, dan penyakit mata kronis.

5. Menangkal Radikal Bebas 

Jika tubuh terpapar radikal bebas, kulit akan menanggung beragam masalah seperti keriput. Untuk itu jika Anda tidak ingin terlihat tua di usia muda, rajin-rajin makan buah pepaya karena kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas.

6. Obat Bekas Gigitan Ular Berbisa

Perlu penanganan sesegera mungkin jika Anda terkena gigitan ular berbisa. Siapkan 5 ruas jari akar pepaya, bersihkan dengan air, haluskan dan balurkan obat ini pada kulit yang terkena gigitan. Setelah itu dibalutkan menggunakan kain dan gati 2 kali sehari.

7. Obat Kulit Melepuh

Ambil kulit buah pepaya, peras dan tampung getahnya. Oleskan pada kulit yang melepuh secara merata dan diamkan seharian. Apabila kulit yang melepuh terlalu lebar, gunakan daging buah pepaya yang ditumbuk untuk mengobatinya.

8. Obat Demam

Ambil selembar daun pepaya dan tumbuk hingga halus, tuangkan air dan berikan sedikit garam. Peras daun pepaya, saring airnya lalu minum 3 kali sehari. Pengobatan ini bisa Anda lakukan minimal 5 hari berturut-turut dalam seminggu.

9. Obat Penambah Nafsu Makan

Caranya dengan memetik selembar daun pepaya, cuci dan lumatkan dengan tangan, tambahkan sedikit garam dan air secukupnya, peras dan minum hingga habis.

10. Obat Flu

Petik dua lembar daun pepaya muda, lumatkan, tuangkan air, setelahnya peras. Tambahkan sedikit garam dan minum perasan pepaya ini sehari dua kali untuk anak-anak dan 4 kali sehari untuk orang dewasa.

11. Obat Sakit Gigi

Cara pengobatan, bersihkan gigi yang sakit dengan sikat gigi, setelah bersih, lalu teteskan getah daun pepaya muda pada gigi yang sakit menggunakan kapas. Lakukan hingga semua bakteri terbunuh dan rasa sakit gigi hilang.

12. Menurunkan Kadar Kolesterol

Biji pepaya memiliki efek hipolipidermia untuk terapi hiperlipidermia yang disebabkan oleh kolesterol dalam jumlah yang terlalu tinggi karena ekstrak biji tersebut berisi kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, antrakuinon dan antosianin. Caranya dengan menjadikan biji pepaya sebagai jus atau dengan dibuat seperti kopi, dikeringkan dan diblender.

13. Menghilangkan Noda Hitam pada Kulit

Timbulnya fleks hitam pada kulit wajah merupakan sesuatu yang sangat tidak diinginkahan bagi semua orang, fleks hitam dapat mengganggu penampilan dan menyebabkan minder, untuk mencegah terjadinya fleks hitam, sobat ceprit.com, dapat mengkonsumsi secara rutin buah pepaya dan mengunakan sebagai masker. apa alasan pepaya dapat menghilangkan fleks hitam pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan kandungan betakarotin yang terkandung dalam buah pepaya. Cara penggunaan sebagai masker yaitu dengan mencampur pepaya yang sudah dilembutkan dengan susu atau madu.

Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat papaya untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. Perlu Anda ingat bahwa materi yang tertulis disini hanya informasi tambahan dan tidak dimaksudkan menjadi acuan utama dalam penanganan medis maupun pengganti saran medis.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

catur rizaldianto said...

Terima kasih atas informasinya...semoga sukses
http://grosirsponmandi.klikspo.com/