Beberapa Objek Wisata Menarik di Kabupaten Sumenep

Beberapa Objek Wisata Menarik di Kabupaten Sumenep

Sendang Paser

Merupakan pusaran air yang terletak di Desa Preduan Kab. Sumenep Madura. Merupakan suatu kubangan berair putih ditengahnya terdapat air dan sumber air tersebut dari lubang gua, untuk panjangnya belum pernah ada yang berhasil mengukur. Menurut cerita, Sendang ini peninggalan dari Joko Tole ketika menggunakan air ini wajahnya yang keriput menjadi kencang dan muda kembali. Kini setiap malam selasa dan Jumat kliwon banyak dikunjungi remaja-remaja yang ingin cepat dapat jodoh.

Slopeng
objek wisata Pantai Slopeng
Pantai Slopeng
Merupakan Pantai Wisata yang berlokasi 21 KM dari Kota Sumenep. Pantai ini dikenal dengan gunung pasirnya. Setiap hari minggu atau hari-hari besar lainnya sering terdapat pagelaran musik tradisional dan kesenian lainnya seperti lomba Sap-sap Ayam.

Karapan Sapi
Merupakan pesta permainan terdapat di Sumenep Madura yaitu Karapan Sapi yang diperkenalkan oleh seorang penyebar agama islam yang datang ke Sumenep bernama Syekh Ahmad Baidawi bergelar Pangeran Katandur. Selain sebegai penyebar agama ia juga memberikan petunjuk tentang cara bercocok tanam, sehingga pertanian pada waktu itu berhasil baik. Karapan Sapi  ini juga merupakan suatu pesta yang biasanya didahului dengan pertunjukan tari-tarian khas Madura yang diselenggarakan sesudah panen antara bulan Agustus dan Oktober.

Keraton Sumenep
objek wisata Keraton Sumenep
Keraton Sumenep
Keraton ini dibangun pada masa pemerintahan Penembahan Sumolo (Tumenggung Ario Notokusumo I) tahun 1762, keraton ini memiliki corak campuran antara budaya islam Cina dan Eropa. Di dalam komplek keraton terdapat banyak peninggalan sejarah seperti Pendopo Agung, Kantor Koneng bekas R. Ayu Tirtonrgoro. Pintu gerbang keraton ini sangat tinggi sekali dan masih berdiri dengan megah dan anggun. Untuk mencapai keraton ini, sebelumnya harus melalui pintu gerbang yang dikenal dengan nama Pintu Misem yang dijaga dua orang prajurit keraton lengkap dengan tombaknya.

Lombang

Pantai wisata ini terdapat di Kecamatan Batang-batang ± 30 km dari Kota Sumenep. Pantai ini dikenal dengan pasir putih yang ditumbuhi dengan pohon cemara yang rindang.

Kalianget

Berlokasi 11 km dari Kalianget Kab. Kebumen. Di objek wisata ini terdapat pemandian pantai dan merupakan pusat garam terbesar di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Objek Wisata Menarik di Kabupaten Sumenep"