Beberapa Objek Wisata Menarik di Surakarta

Beberapa Objek Wisata Menarik di Surakarta

Istana Mangkunegara
Beberapa Objek Wisata Menarik di Surakarta
Istana Mangkunegara
Lokasinya 0,5 km dari Kota Surakarta, didirikan oleh Raden Mas Said (Pangeran Suryo Surakarta) pada tahun 1757 masehi. Istana ini sekarang menjadi tempat kediaman resmi KGPAA Mangkunegara VII serta keluarganya. Di ruang pendopo terdapat seperangkat gamelan dari Demak tahun 1700 saka atau 1778 masehi. Di istana tersebut tidak jarang dijadikan tempat belajar pemuda-pemudi dari Eropa dan Amerika untuk belajar Seni Karawitan, Menari dan juga mendalang.

Masjid Agung Surakarta
Beberapa Objek Wisata Menarik di Surakarta
Masjid Agung Surakarta
Masjid ini didirikan oleh Susuhunan Paku Buana III pada tahun 1749-1780 M. kemudian pembangunannya dilanjutkan oleh keturunannya yaitu Susuhunan Paku Buana IV pada tahun 1788-1820. Pada tahun 1789 masjid ini diperlengkapi dengan bangunan-bangunan lainnya untuk melaksakan upacara keratin yang berkaitan dengan agama islam, pada tahun itu juga di puncak mesjid dibangun kubah. Pada masa pemerintahan Paku Buana VI (1823-1830) kubah masjid mengalami kerusakan akibat disambar petir kemudian diperbaharui dan puncak kepala mesjid dilapisi dengan emas murni 24 karat seberat 1.68 kg namun saat ini tidak terdengar lagi pusaka emas tersebut.

Keraton Kesultanan Surakarta
Beberapa Objek Wisata Menarik di Surakarta
Keraton Kesultanan Surakarta
Nama istana ini juga sering disebut Keraton Kesultanan,  berlokasi di Kotamadya Solo di atas areal 5.217 m² dibangun pada tahun 1745 Masehi  sebagai istana Sunan Paubuwono II. Bagian terpenting dari istana ini adalah Pendopo Ageng Sasono Sewoko, Ndalem Agung Prabo Suyoso dan Ndalem Ageng Pakubuwono. Lantai istana ini terbuat dari batu pualam Italia sedangkan seluruh bangunannya penuh dengan ornament ukir-ukiran serta lapisan emas yang serba gamelan.

Taman Sriwedari

Objek wisata ini terletak di dalam Kota solo, terdapat berbagai fasilitas rekreasi seperti Panggung hiburan, pentas aneka permainan dan paling terkenal adalah Kebun binatang Group sandiwara dan lawak Srimulat Surabaya.

Sangiran
Beberapa Objek Wisata Menarik di Surakarta
Museum Purbakala Sangiran
Berlokasi sekitar 15 km dari arah utara Kota Solo, terdapat museum kecil yang dibagun pada tahun 1970. Di lokasi ini ditemukan berbagai macam fosil makluk hidup, baik hewan darat maupun hewan laut. Ditempat ini juga ditemukan fosil manusia purba Homo Sapiens.

Duda Umbul 

Kolam pemandian ini berlokasi di Desa Dukuh Kec. Banyudono Surakarta. Kolam ini dipagar tembok ukuran lebar 8 meter dengan panjang 12 meter, kolam ini memiliki kedalama 0,7 m.

Turu Jurug

Taman Satwa ini berada di Wilayah Solo, ditaman ini setiap tahunnya diselenggarakan Pekan Swalayan setelah lebaran, biasanya disajikan atraksi hiburan rakyat seperti Tayuban dan Cokekan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Objek Wisata Menarik di Surakarta"