Tempat Wisata Menarik Yang Patut Dikunjungi Di Sulawesi Utara

ceprit.com - Provinsi Sulawesi Utara terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan Ibu kota terletak di kota Manado. Provinsi ini di sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Gorontalo yang merupakan hasil pemekaran wilayah dari provinsi Sulawesi Utara

Berikut tempat wisata menarik yang patut dikunjungi di Sulawesi Utara :

Taman Laut Bunaken
taman laut bunaken-objek wisata
Taman Laut Bunaken
Berlokasi di Pulau Bunaken (depan teluk manado), Kodya Manado, 7 mil dari pelabuhan manado.  Untuk ke Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. 

Luas kawasan Taman Laut Bunaken sendiri berkisar 75.625 ha. Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut. Salah satu taman laut yang banyak dikunjungi para penyelam, berada di Teluk Liang yang banyak jenis ikan hias yang tidak terdapat di tempat lain.

Klenteng Ban Hiong Kiong
Klenteng Ban Hiong Kiong-objek wisata
Klenteng Ban Hiong Kiong
Terletak di pusat kota manado, tepatnya di Jl. Panjaitan, Perkampungan China Kec. Wenang Manado. Klenteng ini dibangun pada abad ke XIX, merupakan tempat ibadah penganut Tri Dharma. Dalam setiap pertengahan Februari, setelah dua minggu dilaksanakan Tahun Baru Imlek, kita dapat menyaksikan upacara ritual Toa Pek Kong dengan acara-acara menarik seperti : Barongsai, Ince Pia (Pertunjukann debus), Kungfu dan berbagai acara menarik lainnya.   

Monumen Wolter Monginsidi
Monumen Wolter Monginsidi-objek wisata
Monumen Wolter Monginsidi
Terletak di Pinggiran Kota Manado, tepatnya di Jl. Wolter Monginsidi, Kec. Sario, Manado. Monumen yang menghadap ke Teluk Manado ini didirikan untuk mengenang pahlawan Wolter Monginsidi yang meninggal karena di hukum tembak oleh pemerintah Belanda dan Piere Tendean yang dibunuh oleh PKI pada tahun 1965. Keduanya merupakan putra asal Sulawesi Utara. Monumen ini merupakan patung dari kedua pahlawan tersebut.

Monumen Perang Dunia ke II

Terletak di dalam kota Manado, tepatnya di Jl. Serapung Manado. Monumen ini berdampingan dengan Gereja Centrum Manado. Dibangun untuk mengingatkan kita atas pemboman kota Manado oleh tentara Sekutu dalam masa Perang Dunia ke II. 

Taman Budaya Manado (Cultural Centre)

Terletak di Pinggiran kota Manado, Tepatnya di Jl. Maengket, Rike, Kec. Sario Manado. Taman ini merupakan tempat pertunjukan secara berjadwal seni budaya daerah Sulawesi Utara.

Taman Purbakala Sawangan (Waruga)

Terletak di Airmadidi, 24 Km dari Manado. Merupakan kuburan tradisional nenek moyang suku Minahasa yang dibuat dari batu, dimana jenazah dimasukkan ke dalamnya dengan posisi duduk dan tangan terlipat seperti bayi dalam kandungan. Jumlah waruga yang terdapat di Taman ini adalah 144 buah dan umumnya merupakan tokoh-tokoh masyarakat yang dianggap sakti dan berwibawa dalam tatanan adat.  
 
Objek wisata lainnya di Manado : 

Museum Provinsi Sulawesi Utara 
Terletak di Jl. WR Supratman Manado

Taman Anggrek Kairagi
Terletak di Desa Kairagi, Kec. Mapanget, 5 Km dari Kota Manado.

Lapangan Golf Kayuwatu

Terletak di Desa Kayuwatu, Kec. Mapanget, Pinggiran Kota Manado. 7 Km dari Kota Manado.

Pemandian Pantai Manado

Terletak sepanjang pantai Manado, Pinggiran Kota Manado.

Makam Imam Bonjol

Terletak di Lotak, Kec. Pineleng, Kab. Minahasa, 7 Km dari Kota Manado.

Makam Kyai Maja

Terletak di Kampung Jawa, Tondano, Ibukota Kab. Minahasa, 36 Km dari Manado.

Pantai Kema (batu nona)

Terletak di Kema, Kec.Kauditan, Kab. Minahasa, 35 Km dari Manado.

Taman Wisata

Terletak di desa Leleko, Kec. Remboke, Kab. Minahasa, 45 Km dari Manado.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Menarik Yang Patut Dikunjungi Di Sulawesi Utara"