Objek Wisata di Kabupaten Serang

Kabupaten Serang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten. Ibukotanya adalah Ciruas namun saat ini pusat pemerintahanya masih berada di Kota Serang. Kabupaten ini berada di ujung barat laut Pulau Jawa, berbatasan dengan Laut Jawa, dan Kota Serang di utara, Kabupaten Tangerang di timur, Kabupaten Lebak di selatan, serta Kota Cilegon di barat.

Beberapa Objek Wista yang Terdapat di Serang :


Mesjid Agung Banten
objek wisata di serang Mesjid Agung Banten
Mesjid Agung Banten
Mesjid Agung Banten dibangun oleh Sultan Maulana Jusuf, putra sulung Sultan Maulana Hasanuddin pada tahun 1566.Masjid Agung Banten terletak di Desa Banten Lama, sekitar 10 km sebelah utara Kota Serang. Akses ke lokasi dapat dituju dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari terminal Terminal Pakupatan, Serang menggunakan bis jurusan Banten Lama atau mencarter mobil angkutan kota menuju lokasi selama lebih kurang setengah jam.


Kraton Surosowan
objek wisata di serang Kraton Surosowan
Kraton Surosowan
Peninggalan bangunan kraton yang  telah berusia ratusan tahun ini, yang masih tampak adalah benteng. 

Benteng Speelwijck

Sebelum benteng ini  dikuasai tentara belanda, dahulu benteng ini merupakan bekas Benteng Kesultanan Banten kemudian benteng ini diperkuat dan diberikan nama Benteng Speelwijck.

Meriam Kuno Kiamuk

Dibuat dari perunggu tertuliskan huruf arab, berukuran cukup besar, letaknya di alun-alun Mesjid Agung Banten.

Pelabuhan Karang Hantu

Letak pelabuhan ini berdekatan dengan teluk banten. Pada abad 16 pelabuhan ini ramai dikunjungi oleh kapal dagang asing yang mengadakan hubungan dagang dengan Sultan Banten.

Cagar Alam Wisata Pulau Dua

Cagar Alam Wisata Pulau Dua terletak di teluk banten, tempat persinggahan berbagai jenis burung dari Asia, Afrika dan Australia. Biasanya burung-burung berdatangan pada bulan april sampai agustus kemudian masing-masing terbang kembali ke asalnya. Jarak ke tempat tujuan lebih kurang 3 km dari pantai Karang Hantu, ± 30 menit ditempuh dengan motor boat.

Pantai Wisata Salira Indah/ Florida/Suralaya

Terbentang sepanjang 7 km sebelah utara pelabuhan Ferry merak. Ombak di pantai ini agak tenang dikarenakan terdapat pulau kecil yang berjarak 1 km dari pantai ini, ditambah dengan dasar laut yang tidak dalam maka kegiatan yang bersifat aquatic dapat diselenggarakan di pantai ini.

Danau Tasik Ardi

Danau wisata yang terdapat di kabupaten Serang ini merupakan danau buatan yang memiliki luas 4.000 m2, ditengah danau ini terdapat pulau kecil. Menurut penjelasan masyarakat setempat, dahulu di pulau tersebut terdapat taman dan bangunan bertingkat sebagai hadiah untuk ibu sultan yang sering berkunjung ke danau ini. Setelah ibu wafat, pulau ini digunakan untuk menyimpan amunisi oleh sultan.

Pos Anyer Kidul

Pos Anyer Kidul didirikan pada tahun 1855, terbuat dari besi baja dengan tinggi 7,5 m. Letaknya di pinggir jalan raya yang menuju ke objek wisata. Oleh Gubernur Jenderal Daendels dari Pos Anyer Kidul ke Panarukan Jawa Timur telah dibuatkan jalan raya sepanjang 1.000 km.

Gunung Wisata Pinang  

Gunung Wisata Pinang terletak 9 km sebelah barat kota Serang. Suhu dikawasan ini minimum 21 C dan maksimum 36 C, curah hujan rata-rata 2.000-2.500 mm/tahun. Fasilitas yang tersedia : kapal dan jala lintas hutan yang indah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Objek Wisata di Kabupaten Serang"