Pura Meru, Pura Indah ini Ternyata Terletak di Lombok

Pura Meru, Pura Indah ini Ternyata Terletak di Lombok
Pure Meru
ceprit.com - Pura Meru terletak di Kec. Cakranegara Kab. Lombok Barat, sekitar 3 km dari Mataram. Pura Meru merupakan pura terbesar dan salah satu pura Hindu Bali tertua di Pulau Lombok.Dibangun pada tahun 1720 pada masa kerajaan Singosari. Merupakan lambang persatuan umat Hindu di Lombok. Memiliki 3 bagian halaman yang berjejer dari timur ke barat. Di luar halaman terdapat 2 buah bale besar dengan lantai yang tinggi sebagai tempat untuk menyimpan sesajen dan pada halaman bagian timur terdapat 3 buah meru yang melambangkan Syiwa, Wisnu dan Brahmana.

Nafas kerukunan beragama masih sangat kental terlihat di sekitar kawasan ini. Ada masjid dan gereja yang berdiri berdekatan dan masing-masing beraktivitas dengan hikmat. Sungguh sebuah pelajaran yang berharga bagi siapapun yang mengunjungi Pura Meru.

Jika Anda mengunjungi Pura Meru, jangan lupa untuk memakai kain panjang kuning bermotif yang sudah disediakan oleh pengelola setempat. Kain panjang ini merupakan simbol penghormatan kita saat memasuki kawasan peribadatan suci.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pura Meru, Pura Indah ini Ternyata Terletak di Lombok"