Pemakaman Australia ini terletak di Maluku, namanya Australia War Cemetery Maluku

australia war cemetary maluku
Australia War Cemetary Maluku
ceprit.com - Australia War Cemetery berlokasi di Tantui, sekitar 5 km dari pusat kota Maluku. Makam ini dibangun oleh Pemerintah Australia pada tahun 1946 dan dikelola oleh Pacific Regent of Australia di bawah Departemen of Veteran Affair and Commonwealth War Graves Comission. Pada makam dengan luas 3,2 Ha ini, terdapat 2.137 batu nisan yang tersusun rapi menurut abjad namanya. Sebagian besar makam tersebut merupakan makam prajurit Australia dari Australian Infantry 2/21 Squadron 13 yang dinamakan "Gull force" dan pasukan sekutu pada waktu Perang Dunia ke II.
  
Secara terperinci makam tersebut terdiri dari 1092 orang Australia, 810 Inggris, 30 India, 2 Kanada, 1 Selandia Baru, 1 Afrika Selatan, 186 Belanda, dan 15 warga Sekutu lainnya. Mereka berasal dari Angkatan Laut 210, Angkatan Darat 1229, Angkatan Udara 694, dan Awak Kapal Dagang 1. Makam tersebut sendiri dikenal sebagai makam Australia dan untuk membedakan makam tersebut, dibedakan menjadi dua posisi yaitu untuk makam yang menghadap kelaut adalah makam tentara yang meninggal di Maluku, sedangkan yang menghadap ke Gunung adalah makam tetara yang meninggal di Timur dan Sulawesi yang jenazahnya dipindahkan ke makam ini tahun 1964.

Makam ini dipelihara dengan dan dikelilingi dengan taman yang indah dan bersih. setiap tanggal 25 April, Makam ini dikunjungi secara tetap oleh tentara Australia dan Selandia Baru untuk berjiarah yang lebih dikenal dengan Anzag Day.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemakaman Australia ini terletak di Maluku, namanya Australia War Cemetery Maluku"