Keindahan Komplek Candi Prambanan (Candi Loro Jonggrang)

 
Keindahan Komplek Candi Prambanan (Candi Loro Jonggrang)
Candi Prambanan (Roro jonggrang)
ceprit.com - Komplek Candi Prambanan (Candi Loro Jonggrang) terletak 15 km arah timur Yogyakarta, di desa Prambanan Kec. Prambanan Kab. Selman Yogyakarta. Candi ini ditemukan oleh CA. Lons seorang berkebangsaan Belanda pada tahun 1733,. Candi ini menarik perhatian dunia ketika pada masa pendudukan Britania atas Jawa. Ketika itu Colin Mackenzie, seorang surveyor bawahan Sir Thomas Stamford Raffles, menemukan candi ini. Meskipun Sir Thomas kemudian memerintahkan penyelidikan lebih lanjut, reruntuhan candi ini tetap terlantar hingga berpuluh-puluh tahun. Penggalian tak serius dilakukan sepanjang 1880-an yang sayangnya malah menyuburkan praktek penjarahan ukiran dan batu candi. Kemudian pada tahun 1855 Jan Willem IJzerman mulai membersihkan dan memindahkan beberapa batu dan tanah dari bilik candi. Beberapa saat kemudian Isaäc Groneman melakukan pembongkaran besar-besaran dan batu-batu candi tersebut ditumpuk secara sembarangan di sepanjang Sungai Opak. Arca-arca dan relief candi diambil oleh warga Belanda dan dijadikan hiasan taman, sementara warga pribumi menggunakan batu candi untuk bahan bangunan dan pondasi rumah.

Komplek Candi Prambanan (Candi Loro Jonggrang)adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Bangunan candi prambanan merupakan komplek candi Hindu yang pada dasarnya terdiri dari candi induk dan sejumlah candi perwara (pengiring) yang terdiri dari 3 halaman. Halaman utama terdiri dari 3 candi induk yakni candi Siwa, Brahma dan Wisnu. Candi siwa adalah candi yang terbesar dari kompleks itu, sedangkan dua candi Brahma dan Wisnu, candi lain-lainnya lebih kecil : 3 candi wahana, letaknya berhadapan dengan candi induk, 2. candi apit, 4 candi kelir, 5 candi sudut. 

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Dilihat dari bentuk bangunannya, candi ini dapat dikatakan perpaduan 2 unsur arsitek India utara dan selatan. Pada dinding Balustrade terdapat relief yang terkenal yaitu cerita Ramayana. Disebelah barat candi terdapat panggung terbuka dimana pada saat bulan purnama musim kemarau di pagelarkan tari ramayana.

Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Komplek Candi Prambanan (Candi Loro Jonggrang)"