Belajar Sejarah dari Gedung Merdeka Bandung

Belajar Sejarah dari Gedung Merdeka Bandung
Gedung Merdeka Bandung
ceprit.com - Gedung Merdeka Kota Bandung berlokasi di Jalan Asia-Afrika Kota Bandung Jawa Barat, didirikan pada tahun 1926 oleh Van Galen Last dan C.P. Wolff Schoemaker. Keduanya adalah Guru Besar pada Technische Hoogeschool te Bandoeng (TH Bandoeng - yang kemudian menjadi Institut Teknologi Bandung - ITB).

Gedung yang memiliki luas 7.500 M2 ini  merupakan gedung yang pernah dipergunakan sebagai tempat berlangsungnya Komperensi Asia Afrika pada tahun 1955 dan Merupakan Gedung Konstituante I Republik Indonesia.

Bangunan ini pertama kali dibangun pada tahun 1895 dan dinamakan Sociëteit Concordia, dan pada tahun 1926 bangunan ini direnovasi seluruhnya oleh Wolff Schoemacher, Aalbers dan Van Gallen. Gedung Sociëteit Concordia dipergunakan sebagai tempat rekreasi dan sosialisasi oleh sekelompok masyarakat Belanda yang berdomisili di kota Bandung dan sekitarnya. Mereka adalah para pegawai perkebunan, perwira, pembesar, pengusaha, dan kalangan lain yang cukup kaya. Pada hari libur, terutama malam hari, gedung ini dipenuhi oleh mereka untuk berdansa, menonton pertunjukan kesenian, atau makan malam.


Pada masa pendudukan Jepang gedung ini dinamakan Dai Toa Kaman dengan fungsinya sebagai pusat kebudayaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Sejarah dari Gedung Merdeka Bandung"