Keindahan Istana Maimoon Medan

Keindahan Istana Maimoon Medan
Istana Maimoon
ceprit.com - Istana Maimoon berlokasi di Jl. Brigjend. Katamso Medan, berdekatan dengan Mesjid Raya Medan, sekitar 10 km dari bandara. Di bangun pada tahun 1888 oleh sultan deli masa itu Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah ,didesain oleh seorang Arsitek Italia yang memadukan interior bergaya Islam dan memadukan antara Unsur Kebudayaan Melayu, Spanyol, India dan Italia.Istana maimoon tetap kokoh menjadi tempat wisata yang memiliki daya tarik sejarah dan interior istana.

Istana Maimoon memiliki luas kurang lebih 2.772 m, dengan halaman yang luasnya mencapai 4 hektar. Panjang dari depan kebelakang mencapai 75,50 m. dan tinggi bangunan mencapai 14,14 m. Bangunan istana bertingkat dua, ditopang oleh tiang kayu dan batu.

Terdapat kisah yang menarik mengenai istana maimoon. Dikisahkan, hiduplah seorang putri yang cantik jelita, bernama Putri Hijau. Ia disebut demikian, karena tubuhnya memancarkan warna hijau. Suatu ketika, datanglah Raja Aceh yang ingin meminang Putri Hijau, namun, pinangan ini ditolak dan Raja Aceh menjadi marah, lalu menyerang Istana Maimoon. Raja Aceh berhasil mengalahkan dan Saat tentara Aceh hendak masuk istana menculik Putri Hijau, mendadak terjadi keajaiban, putri  hijau tiba-tiba berubah menjadi meriam dan menembak membabi-buta tanpa henti. Karena terus-menerus menembakkan peluru ke arah pasukan Aceh, maka meriam ini terpecah dua. Bagian depannya ditemukan di daerah Surbakti, di dataran tinggi Karo, dekat Kabanjahe. Sementara bagian belakang terlempar ke Labuhan Deli, kemudian dipindahkan ke halaman Istana Maimun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Istana Maimoon Medan"