Tempat Wisata Menarik di Kota Poso yang Wajib Kamu Kunjungi

Kota Poso terletak di bibir pantai menghadap teluk Tomini di salah satu lengkungan ’lengan’ pulau Sulawesi. Bila diamati dengan baik, posisi Poso sebenarnya sangat strategis di tengah-tengah pulau Sulawesi. Transportasi Utara – Selatan yaitu Makassar, Palu – Gorontalo dan Manado, serta Timur – Barat yaitu Luwuk – Palu, mesti melaui Poso sebagai daerah sentral. Tidak heran bila sebenarnya Poso lebih dahulu dikenal sebagai salah satu kota penting dalam sejarah perdagangan dan pemerintahan di daerah Sulawesi.

Beberapa Objek Wisata di Kota Poso

Kepulauan Togean

Kepulauan Togean, terletak di sebelah Utara kota Poso merupakan surga bagi penggemar olahraga menyelam (diving) ataupun snorkeling. Taman laut Togean berisi ribuan jenis ikan dan coral yang terlindung aman dibalik air laut yang jernih dan tenang. Penggemar olahraga laut maupun mereka yang sekedar ingin menikmati ketenangan alam dapat memilih Togean islands sebagai tujuan wisata.

Danau Poso

Danau Poso, terletak di daerah Tentena merupakan salah satu danau terdalam dan terindah di Indonesia. Bentangan danau seluas kurang lebih 32.000 ha dengan kedalaman sampai 510m ini menawarkan keindahan alam yang menantang untuk dinikmati dan ditelusuri. Pinggirannya berpasir putih keemasan dan airnya yang jernih berombak seperti laut. Festival Danau Poso merupakan pekan budaya rakyat Poso yang diadakan setiap tahun di kawasan danau Poso. Keunikan budaya yang dipadu dengan keindahan alami danau Poso menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menikmati festival ini setiap tahun.

Air Terjuna Saluopa

Air Terjun Saluopa, merupakan air terjun bersusun 12 tingkat yang dikelilingi hutan tropis yang menawan. Air terjun ini terletak di terletak di sebelah barat kota Tentena, Poso. Wisatawan dapat naik ke tingkat yang tertinggi melalui bebatuan di bawah derasnya air. Pemandangan sekitarnya membawa keteduhan alami.

Pantai Nalera

Pantai Nalera, menawarkan pesona pantai tenang berpasir putih sepanjang 5km. Pantai ini terletak di desa Marantale, Parigi sekitar 64 kilometer dari kota Palu. Biasanya setiap akhir pekan, pantai ini ramai dikunjungi warga sekitar ataupun dari luar kota untuk berwisata bahari.

Cagar Alam Marowali

Cagar Alam Morowali, berada di wilayah Kabupaten Morowali. Dari pelabuhan Kolonedale, perjalanan ke Cagar Alam Morowali dilakukan dengan motor laut selama kurang lebih 1 jam. Cagar Alam Morowali merupakan hunian bagi berbagai satwa dan flora ekosistem asli Sulawesi. Dengan luas sekitar 225.000ha, Cagar Alam Morowali menawarkan keindahan pesona alam yang lengkap mulai dari pantai, hutan mangrove, hutan alluvial dataran rendah, hutan rawa, hutan pegunungan dan hutan lumut pada ketinggian 2.600 meter di atas permukaan laut, dengan 3 sungai utama. Kawasan ini dihuni suku tradisional Wana.
 

Teluk Tomari

Taman Laut Teluk Tomori, Teluk yang tepat berada di depan Kolonedale ini dihuni oleh pulau-pulau kecil yang eksotis dengan keindahan alaminya. Sebut saja pulau Rumbia, Pengia dll serta gua-gua alam yang tak kalah menarik. Kehidupan dan aktivitas nelayan di kawasan ini juga menjadi attraksi tersendiri yang menarik perhatian wisatawan.

Pulau Kelelawar, terletak di kecamatan Ampibabo, sekitar 97 kilometer dari kota Palu dan dapat dicapai dengan semua jenis kendaraan. Keindahan alam di Pulau Kelelawar sangat menawan, terutama bagi mereka yang menyukai hobby diving, snorkeling atau sekedar mandi matahari.

Gua Pamona dan Latea, merupakan penanda tradisi Toraja yang hadir di kawasan ini sejak lama. Dalam gua ini dapat ditemukan tengkorak dan tulang-tulang mayat persis yang dapat dilihat di gua-gua alam pemakaman Tana Toraja. Gua ini terletak di daerah Tentena.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Menarik di Kota Poso yang Wajib Kamu Kunjungi"