Wisata ke Kota Bengkulu Wajib ke Benteng Marlborough

 
Wisata ke Kota Bengkulu Wajib ke Benteng Marlborough
Ford Marlborough
Benteng Marlborough adalah benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. benteng yang berada dikawasan Pantai Paderi ini dianggap sebagai benteng terkuat kedua milik Inggris di wilayah timur setelah benteng St. George di Madras, India. Nama Marlborough sendiri diberikan oleh pemerintah Inggris sebagai penghormatan terhadap John Churchil yang bergelar Duke of Marlborough I.

Benteng ini didirikan di atas bukit buatan, bentuk bangunan menyerupai kura-kura dengan luas banngunan sekitar 44.100 Meter persegi. memiliki 3 akses pintu masuk, yaitu 2 gerbang  yang dibatasi oleh jembatan di atas parit yang mengelilingi sisi benteng dan satu pintu kecil  yang menghadap kearah Barat Laut. 

Di dalam benteng  terdapat raungan-ruangan yang digunakan untuk kepentingan militer, jeruji-jeruji besi dari dalam ruangan akan membawa anda pada suasana kesedihan dan penderitaan yang dirasakan pada masa kolonial. Beberapa meriam juga diletakkan di halaman dan disetiap sudut di bagian atas bangunan benteng. Dari atas bangunan benteng anda dapat melihat perkampungan sekitar dan panorama pantai Tapak Paderi, Pantai Panjang. 

Fungsi Benteng Marlborough sendiri sebagai benteng pertahanan terus berlanjut pada periode berikutnya, yaitu oleh pihak Belanda (1825-1942), Jepang (1942-1945) dan oleh tentara Republik Indonesia pada masa perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Benteng yang masih berdiri kokoh sampai sekarang ini merupakan monumen perjuangan rakyat Bengkulu dalam menuntut keadilan dan kebebasan dari penjajah.

Sebagai tambahan referensi wisata anda ke Bengkulu, kami sajikan juga vidio dan foto hasil kunjungan kami ke benteng tersebut, selamat berwisata





Kunjungan saya di Ford Marlborough


Wisata ke Kota Bengkulu Wajib ke Benteng Marlborough
Pintu Gerbang Ford Marlbourogh
Tempat Penyimpanan Senjata, Makanan dan Tahanan


Meriam Yang Mengarah Ke Laut




Peluru Meriam Yang Masih Tersisa


Makam Thomas Parr, Charles Murray dan 1 orang lagi tidak dikenali


Kompas, dibuat oleh Tentaran Belanda yang menjadi Tahanan Jepang


Tulisan ini dibuat oleh Tentara Belanda yang di Tahan oleh Tentara Jepang


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata ke Kota Bengkulu Wajib ke Benteng Marlborough"