Referensi Tempat Wisata di Bengkulu yang Patut Dikunjungi

Referensi Tempat Wisata di Bengkulu yang Patut Dikunjungi

Bengkulu ditetapkan sebagai provinsi pada 18 November 1968 atas dasar UU No. 9/1967 Junkto Peraturan Pemerintah No. 20/1968, kini memiliki sepuluh kabupaten/kota, yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur dan Kabupaten Seluma.

Beberapa Objek Wisata di Bengkulu sebagai referensi jalan-jalan anda :
  1. Benteng Marlborough 
Referensi Tempat Wisata di Bengkulu yang Patut Dikunjungi
Benteng Marlborough

Benteng Marlborough dibangun oleh perusahaan india timur di bawah kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. The fort constitutes the strong fort, Benteng Marlborough berdiri mengahadap selatan dan memiliki luas 44,100 meter persegi. Benteng ini mempunyai bentuk bangunan abad 18, menyerupai kura-kura. Pintu utamanya dikelilingi parit yang luas dan dapat dilalui oleh jembatan. Menurut masyarakat sekitar di benteng itu juga terdapat pintu keluar bawah tanah yang dulu digunakan pada waktu perang. selengkapnya>


  1. Rumah Pengasingan Bung Karno
Rumah Pengasingan Bung Karno

Pada zaman koloni Belanda(1939-1942), Soekarno (Yang kemudian menjadi Presiden RI yang pertama) pernah diasingkan di Bengkulu. Selama dalam pengasingan Soekarno tinggal di rumah yang beralamat di
Jalan Soekarno-Hatta, Anggut, Bengkulu. Rumah tersebut cukup terawat dan dibiarkan seperti aslinya untuk menjaga nilai historisnya Beberapa peralatan, sepeda, perpustakaan buku-buku, dan yang lainnya yang pernah dimiliki oleh soekarno disimpan di dalam rumah ini. Untuk masuk ke Rumah Bung Karno, pengunjung dikenakan biaya yang cukup terjangkau, yaitu Rp 2.500.
  1. Parr and Hamilton Monuments
Parr Monumen

Thomas Parr dan Hamilton meninggal akibat perlawanan rakyat Bengkulu dikarenakan perbuatannya yang sewenang-wenang terhadap rakyat. Monumen Thomas Parr terletak di depan Pasar Barukoto diseberang benteng Marlborough, sedangkan Hamilton Monuments terletak di Jalan Soekarno-Hatta. Monument ini dibangun oleh Inggris untuk memperingati kekalahan mereka di Bengkulu.
  1. Museum Negeri Provinsi Bengkulu
Museum Negeri Bengkulu

Museum Negeri Bengkulu didirikan pada tanggal 1 april 1978, mulai berfungsi sebagai museum pada tanggal 3 Mei 1980 menempati lokasi sementara di belakang benteng Marlborough. Disini kita dapat melihat berbagai macam benda benda bersejarah. dan juga baju batik buatan Bengkulu yang dinamakan kain Besurek.
  1. Air Terjun Suban-Rejang Lebong
Air Terjun Suban

Air Panas dan Air Terjun Suban. Terletak 6 km dari Curup yang dihubungkan oleh jalan aspal dan terdapat air panas serta dua air terjun. Dua air terjun tersebut memiliki ketingian kurang lebih 50 meter dan 15 meter. Namun yang paling sering di kunjungi yaitu air terjun yang memiliki ketinggian 15 m yang terdapat di dalam komplek pemandian suban air panas. oleh pemerintah dibangun berbagai macam fasilitas umum untuk menunjang pariwisata di sana.
  1. Danau Pematang
Danau Pematang
 
Terletak 16 km dari Curup dan dapat dicapai dengan mudah dengan transportasi umum. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan dengan ketinggian sekitar 1,936 m diatas permukaan laut dengan keindahan alam yang menakjubkan.
  1. Danau Tes
Danau Tes

Terletak 51 km dari Curup di Kecamatan Lebong Selatan, Danau ini adalah danu terbesar di provinsi Bengkulu dengan jarak 3 km. dan digunakan juga sebagai pembangkit listrik tenaga air.
Danau yang dikelilingi oleh kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini memiliki pemandangan asri dan sejuk yang tak habis sejauh mata memandang. Tempat ini juga biasanya sebagai tempat peristirahatan bagi turis untuk melihat panorama yang indah dan matahari terbenam.
  1. Air Terjun Kepala Curup
Air Terjun Kelapa Curup

Terletak 29 km dari Curup dengan tinggi 100 meter dengan airnya yang segar dan sering dikunjungi oleh wisatawan.
  1. Sungai Air Putih
Sungai Air Putih

Terletak di Tambang Sawah, sekitar 15 km dari Muara Aman atau 80 km dari Curup, sungainya terdiri dari air panas dan air dingin.
  1. Makam Sentot Alibasyah
Makam Sentot Alibasyah

Terletak di Desa Bajak, Kecamatan Teluk Segara, Bengkulu. Sentot Alibasyah merupakan salah satu Panglima Pangeran Dipenegoro yang dikirim ke Bonjol sewaktu Perang Padri. Lokasi makam tersebut terletak di daerah MT Haryono atau lebih kurang 800 m dari Benteng Malborough, Kota Bengkulu.
  1. Pusat Pelatihan Gajah
Pusat Pelatihan Gajah

Pusat Konservasi Gajah Seblat, di Provinsi Bengkulu merupakan kawasan hutan produksi dengan fungsi khusus yang luasnya hanya 6.865 ha. Terletak di Seblat, kecamatan Napal Putih - Bengkulu Utara.
  1. Gunung Kaba
Gunung Kaba

Bukit Kaba memiliki tiga buah kawah yang memberikan sensasi alam tersendiri bagi para wisatawan. Terletak di Curup, Gunung ini dijadikan tempat rekreasi alam terfavorit bagi pendaki baik dari wilayah Bengkulu, Sumatera Selatan, dan sekitarnya. Jika sudah mencapai puncak, para wisatawan dapat menikmati kota Curup, Bukit Barisan, Bukit Bungkuk, hingga Bukit Telunjuk. Matahari terbit akan menyapa para wisatawan di puncak gunung Bukit Kaba.  
  1. Suban
Curup, Tempat pemandian air panas ini terletak di kaki gunung kaba. Disini anda bisa mandi dengan air panas yang asli dari alam dan anda juga bisa menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar.

Referensi Hotel yang Terdapat di Bengkulu. Selengkapnya


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Referensi Tempat Wisata di Bengkulu yang Patut Dikunjungi"